PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey Pada Kelas XI IPS SMA Nasional Bandung)

LESTARI, INDAH, 175020067 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey Pada Kelas XI IPS SMA Nasional Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN (2).pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) Pengaruh model pembelajaran self directed learning terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Nasional Bandung, (ii) Pengaruh model pembelajaran self directed learning terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Nasional Bandung, (iii) besarnya pengaruh model pembelajaran self directed learning terhadap kemandirian dan prestasi belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Nasional Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dengan 48 sampel peserta didik. hasil penelitian menunjukkan: (i) model pembelajaran self directed learning sangat berpengaruh positif signifikan terhadap kemandirian belajar peserta didik, (ii) model pembelajaran self directed learning berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik, (iii) pengaruh model pembelajaran self directed learning dinilai kuat memberikan pengaruh akan kemandirian belajar sebesar 56,6% sedangkan terhadap prestasi belajar sebesar 18,3%. Hipotesis pada penelitian ini terbukti bahwa “terdapat pengaruh yang positif signifikan antara model pembelajaran self directed learning terhadap kemandirian dan prestasi belajar”. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait: (i) Bagi guru, diharapkan dapat memberikan masukan untuk menggunakan model pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar; (ii) bagi peserta didik, diharapkan mampu mengetahui dan memanfaatkan dengan tepat penggunaan model pembelajaran self directed learning; (iii) bagi sekolah, model pembelajaran self directed learning dapat digunakan dalam kegiatan bejajar mengaja dan dapat dijadikan bahan pertimbangan kebijakan sekolah selanjutnya; (iv) bagi penelitian selanjunya, diharapkan untuk mengkaji lebih dalam lagi referensi yang berkaitan dan lebih mempersiapkan diri dalam proses pengambilan, pengumpulan data dan segala sesuatunya sehingga penelitian dapat dilaksanakan dengan baik. Kata Kunci : Model pembelajaran self directed learning, Kemandirian belajar, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 04 Nov 2021 02:42
Last Modified: 04 Nov 2021 02:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53620

Actions (login required)

View Item View Item