PENGARUH PENGGUNAAN WAKTU BELAJAR DIRUMAH DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Semester Ganjil Kelas XI IPS Tahun Ajaran 2021/2022 di SMA Nasional Bandung)

Safitri, Dwi Indah (2021) PENGARUH PENGGUNAAN WAKTU BELAJAR DIRUMAH DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Semester Ganjil Kelas XI IPS Tahun Ajaran 2021/2022 di SMA Nasional Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan waktu belajar dirumah terhadap prestasi belajar ekonomi peserta didik kelas XI IPS di SMA Nasional Bandung, (ii) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi peserta didik kelas XI IPS di SMA Nasional Bandung, (iii) mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan waktu belajar dirumah dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi peserta didik kelas XI IPS di SMA Nasional Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dan teknik pengumpulan data berupa angket dengan 48 populasi peserta didik serta teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (i) penggunaan waktu belajar dirumah terhadap prestasi belajar peserta didik dalam kategori setuju dengan bobot skor 3,81; (ii) lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi peserta didik dalam kategori setuju dengan bobot skor 4,11; (iii) pengaruh penggunaan waktu belajar dirumah dan lingkungan keluarga dinilai cukup memberikan pengaruh akan prestasi belajar sebesar 41,0%. Hipotesis pada penelitian ini terbukti bahwa “terdapat pengaruh penggunaan waktu belajar dirumah dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar”. Penulis menyarankan kepada pihak – pihak terkait; i) bagi guru diharapkan mampu memberikan pemahaman bagi peserta didik bahwa waktu adalah sesuatu yang berharga, sehingga peserta didik mampu memanfaatkan waktunya dengan baik dan efisien; ii) bagi peserta didik diharapkan pintar dalam mengatur waktu agar kegiatan belajar tidak terganggu; iii) bagi orang tua diharapkan dapat membantu anaknya dalam meningkatkan prestasi belajarnya dengan memperbaiki cara mendidik dan lebih terbuka terhadap anak; iv) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk mengkaji lebih dalam lagi referensi yang berkaitan dan lebih mempersiapkan diri dalam proses pengambilan data dan segala sesuatunya dapat berjalan dengan baik. Kata kunci : Penggunaan Waktu Belajar Dirumah, Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Nov 2021 02:21
Last Modified: 04 Nov 2021 02:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53607

Actions (login required)

View Item View Item