PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN PERAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR ONLINE SISWA (Survei Pada Mata Pelajaran Ekonomi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 Kelas X BDP SMK Pasundan 4 Bandung)

REGITO, DEDEN, 175020019 (2021) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN PERAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR ONLINE SISWA (Survei Pada Mata Pelajaran Ekonomi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 Kelas X BDP SMK Pasundan 4 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRACT.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. RINGKESAN.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text
16. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text
17. BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini “Pengaruh Fasilita Belajar dan Peran Guru terhadap Hasil Belajar Online Siswa (Survey pada mata pelajaran ekonomi semester ganjil di kelas X BDP SMK Pasundan 4 Bandung)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan peran guru terhadap hasil belajar online pada mata pelajaran ekonomi semester ganjil di kelas X BDP SMK Pasundan 4 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Subjek dalam penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 56 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis melalui perhitungan regresi linier berganda dan koefisien determinasi dengan bantuan SPSS 25.0 for Windows. Dari hasil penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif diperoleh rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai fasilitas belajar berada pada kategori “ragu-ragu” ditunjukkan dengan rata-rata bobot sebesar 3,11 dengan persentase sebesar 62,40%. Hal ini mengindikasikan bahwa sebagian besar peserta didik ragu-ragu dengan faasilitas belajar menurut rata-rata responden. Responden mengenai peran guru berada pada kategori “sangat setuju” ditunjukkan dengan rata-rata bobot sebesar 4,11 dengan persentase sebesar 82,86%. Data tersebut mengindikasikan bahwa sebagian besar peserta didik sangat setuju dengan peran guru menurut rata-rata responden, sedangkan mengenai hasil belajar online siswa berada pada kategori “Sangat Setuju” ditunjukkan dengan rata-rata bobot sebesar 4,50 dengan persentase sebesar 89,20%. Hal ini mengindikasikan bahwa sebagian besar peserta didik sangat setuju bahwa hasil belajar online siswa meningkat menurut rata-rata responden. Berdasarkan uji asumsi klasik melalui uji normalitas yang telah dilakukan diperoleh nilai signifikan 0,200>0,05, maka dapat disimpulkan bahwa nilai residual berdistribusi normal. Dalam uji hipotesis Coefficients regresi linier berganda (Y= 1.638 – 0.513X1 + 0,577X2 + 0,347) yang artinya, apabila fasilitas belajar (variabel X1) dan peran guru (Variabel X2) meningkat, maka akan menyebabkan kecenderungan peningkatan hasil belajar online siswa (variabel Y) sebesar 1,09. Sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel fasilitas belajar terhadap hasil belajar online siswa sebesar 34,5% dan variabel peran guru terhadap hasil belajar online siswa sebesar 35,8%, presentase tersebut dihitung berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi adalah sebesar 70,3%, sedangkan sisanya sebesar 29,7% dipengaruhi oleh faktor di luar yang tidak diteliti oleh peneliti, serta kesimpulan dapat diterima. Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran bagi sekolah untuk fasiltas belajar dan guru untuk menggunakan fasilitas belajar yang memadai dalam berlangsungnya proses belajar mengajar, khusus pada fasilitas belajar dan peran guru pada umunya sehingga dapat meningkatkan hasil belajar online siswa, Kata Kunci: Fasilitas Belajar, Peran guru, Hasil Belajar Online

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 02 Nov 2021 07:57
Last Modified: 02 Nov 2021 07:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53562

Actions (login required)

View Item View Item