ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH DALAM IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING

RIZQI, FADILLAH (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH DALAM IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER_FADILLAH RIZQI_175050042.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN_FADILLAH RIZQI_175050042.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS_FADILLAH RIZQI_175050042.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA_FADILLAH RIZQI_175050042.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_FADILLAH RIZQI_175050042.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_FADILLAH RIZQI_175050042.pdf

Download (940kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_FADILLAH RIZQI_175050042.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III_FADILLAH RIZQI_175050042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (857kB)
[img] Text
BAB IV_FADILLAH RIZQI_175050042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)
[img] Text
BAB V_FADILLAH RIZQI_175050042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_FADILLAH RIZQI_175050042.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pada aspek kognitif, salah satu kemampuan matematis yang harus dimiliki oleh siswa adalah kemampuan penalaran matematis. Selain itu, dalam aspek afektif pada pembelajaran matematika juga siswa perlu memiliki salah satu sikap yaitu self-concept. Namun, kemampuan penalaran matematis dan self-concept siswa sebagian besar masih berkategori rendah. Oleh karena itu, salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model Discovery Learning pada pembelajaran matematika yang diharapkan dapat mengembangkan kemampuan penalaran matematis dan self-concept siswa menjadi lebih baik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) mendeskripsikan bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah dalam implementasi model Discovery Learning; (2) mendeskripsikan bagaimana self-concept siswa sekolah menengah dalam implementasi model Discovery Learning; dan (3) mendeskripsikan bagaimana efektivitas model Discovery Learning untuk kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah. Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif, dimana sumber data berasal dari berbagai sumber literatur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah editing, organizing, dan finding serta teknik analisis data yang digunakan adalah induktif dan interpretatif. Adapun kesimpulan secara ringkas dari hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah yang awalnya rendah mengalami perkembangan menjadi lebih baik dalam implementasi model Discovery Learning; (2) Self-concept siswa sekolah menengah yang awalnya rendah mengalami perkembangan menjadi lebih baik dalam implementasi model Discovery Learning; (3) Model Discovery Learning efektif untuk kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Self-concept, Discovery Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Nov 2021 06:13
Last Modified: 02 Nov 2021 06:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53554

Actions (login required)

View Item View Item