PERSEPSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA (Survei pada siswa kelas X IPS Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Pasundan 8 Bandung)

RAHMAN, M. DEAN AULIA, 165020013 (2021) PERSEPSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA (Survei pada siswa kelas X IPS Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Pasundan 8 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRACK.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. RINGKESAN.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 1.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (874kB) | Preview
[img] Text
8. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) persepsi siswa dalam pembelajaran menggunakan Google Classroom (ii) pengaruh minat belajar siswa (iii) pengaruh pembelajaran menggunakan google classroom terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sub pokok masalah ekonomi dalam sistem ekonomi di kelas X IPS SMA Pasundan 8 Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu survey pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara studi dokumentasi yaitu untuk melihat daftar nama siswa yang dijadikan sampel serta questioner (angket) danteknik pengolahan data dengan cara uji validitas, uji realibilitas dan uji statistik deskriptif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa : (i) adanya pengaruh yang signifikan sebesar 39.15 serta persentase rata – rata sebesar 3.91 masuk kedalam kriteria baik. (ii) minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sub pokok masalah ekonomi dalam sistem ekonomi kelas X IPS di SMA Pasundan 8 Bandung dapat dinyatakan tinggi, dan tersebut dapat dilihat dari rekapitulasi tafsiran rata-rata skor jawaban responden angket minat belajarsiswa total nilai rata-rata sebesar 25.57 dengan persentase 3.94 termasuk kedalam kategori baik (iii) minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sub masalah ekonomi dalam sistem ekonomi kelas X IPS di SMA Pasundan 8 Bandung pada Hasil uji normalitas dengan menggunakan pendekatan Kolmogrov-Smirnov nilai signifikansi sebesar 0.178. Nilai tersebut dapat dinyatakan bahwa variabel pembelajaran menggunakan google classroom dan variabel minat belajar siswa yang telah di uji berdistribusi normal, karena nilai propabilitas dari instrument tersebut lebih besar dari 0,05.Hasil uji regresi linier sederhana menyatakan bahwa setiap penambahan atau peningkatan pembelajaran menggunakan google classroom sebesar 15.879 cenderung dapat meningkatkan minat belajar siswa sebesar 0.298. Jika dilihat dari penilaian pengaruh pembelajaran menggunakan google classroom terhadap minat belajar siswa terdapat pengaruh sebesar 20.2%, sehingga keputusan yang dapat diambil adalah Ha diterima dan H0 ditolak. Kata Kunci : Google Classroom, Minat Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2020
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 30 Oct 2021 03:54
Last Modified: 30 Oct 2021 03:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53507

Actions (login required)

View Item View Item