PEMBELAJARAN MENULIS KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI BERBASIS FILM DENGAN MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING YANG BERFOKUS PADA PENGEMBANGAN GAGASAN KE DALAM TEKS DESKRIPTIF PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK TAMANSISWA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

ESTIANA, 175030064 (2021) PEMBELAJARAN MENULIS KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI BERBASIS FILM DENGAN MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING YANG BERFOKUS PADA PENGEMBANGAN GAGASAN KE DALAM TEKS DESKRIPTIF PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK TAMANSISWA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER_175030064_ESTIANA.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN_175030064_ESTIANA.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ASBTRAK BAHASA INDONESIA_175030064_ESTIANA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ASBTRAK BAHASA INGGRIS_175030064_ESTIANA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ASBTRAK BAHASA SUNDA_175030064_ESTIANA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_175030064_ESTIANA.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_175030064_ESTIANA.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text
BAB III_175030064_ESTIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV_175030064_ESTIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V_175030064_ESTIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_175030064_ESTIANA.pdf

Download (123kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peneliti dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menulis kembali isi teks biografi berbasis film dengan menggunakan metode clustering yang berfokus pada pengembangan gagasan ke dalam teks deskriptif; mengetahui kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis kembali isi teks biografi berbasis film yang berfokus pada pengembangan gagasan ke dalam teks deskriptif sebelum dan setelah menggunakan metode clustering; serta mengetahui keefektifan metode clustering yang digunakan dalam pembelajaran menulis kembali isi teks biografi berbasis film yang berfokus pada pengembangan gagasan ke dalam teks deskriptif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis, khususnya dalam materi menulis kembali isi teks biografi. Pembelajaran menulis kembali mengintegrasikan berbagai keterampilan berbahasa yaitu membaca dan menulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain kuasi eksperimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya telaah pustaka, observasi, dan tes. Sedangkan, hasil penelitian yaitu: pertama, kemampuan peneliti dalam merencanakan pembelajaran memeroleh nilai 3,78 dengan kategori baik sekali, dan kemampuan peneliti dalam melaksanakan pembelajaran memeroleh nilai sebesar 3,67 dengan kategori baik sekali. Kedua, kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis kembali isi teks biografi berbasis film yang berfokus pada pengembangan gagasan ke dalam teks deskriptif pada kelas eksperimen dengan rata-rata hasil prates sebesar 50, meningkat pada rata-rata hasil pascates sebesar 86. Berdasarkan uji Paired Samples Test membuktikan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka Ha2 diterima. Ketiga, keefektifan metode clustering dalam pembelajaran menulis kembali isi teks biografi berbasis film yang berfokus pada pengembangan gagasan ke dalam teks deskriptif memeroleh nilai peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 36 dan pada kelas kontrol sebesar 25. Berdasarkan uji Independent Samples Test membuktikan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,020 lebih kecil dari 0,05, maka Ha3 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran menulis kembali isi teks biografi berbasis film dengan menggunakan metode clustering yang berfokus pada pengembangan gagasan ke dalam teks deskriptif pada peserta didik kelas X SMK Tamansiswa Bandung tahun pelajaran 2020/2021 berhasil. Kata Kunci: Menulis, Teks Biografi, Clustering

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 28 Oct 2021 07:24
Last Modified: 28 Oct 2021 07:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53470

Actions (login required)

View Item View Item