PROBLEMATIKA GURU DALAM PENDAMPINGAN PROSES PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) PADA MASA PANDEMI COVID-19 (PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF TERHADAP GURU DI MA “AL MUBAROK” SINDANGKERTA TAHUN AJARAN 2021/2022)

Nurhalimah, Siti, 175020020 (2021) PROBLEMATIKA GURU DALAM PENDAMPINGAN PROSES PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) PADA MASA PANDEMI COVID-19 (PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF TERHADAP GURU DI MA “AL MUBAROK” SINDANGKERTA TAHUN AJARAN 2021/2022). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. RINGKESAN.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II KAJIAN TEORI DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf

Download (667kB) | Preview
[img] Text
16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
17. BAB IV PAPARAN DATA DAN PENEMUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] Text
18. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berfokus pada problematika guru dalam pendampingan proses pembelajaran dalam jaringan (daring) pada masa pandemi Covid-19. Penelitian dilakukan di MA Al Mubarok Sindangkerta. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) proses pelaksanaan pembelajaran secara daring selama pandemi di MA Al Mubarok Sindangkerta; (2) kesulitan apa saja yang dialami guru ketika mengajar secara daring selama pandemi di MA Al Mubarok Sindangkerta; (3) metode/strategi apa yang digunakan oleh guru dalam mengajar secara daring selama pandemi di MA Al Mubarok Sindangkerta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan metode pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara yang mendalam dan dokumentasi. Melakukan teknik analisis data dengan 3 cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Serta menguji keabsahan data dengan 3 cara yaitu kredibilitas dan triangulasi, kebergantungan (dependabilitas), dan kepastian (confirmabilitas). Hasil dari penelitian ini yaitu mengungkapkan bahwa; (1) Proses pembelajaran daring yang terjadi di MA Al Mubarok Sindangkerta sudah berjalan dengan cukup baik, proses pembelajaran dilaksanakan dengan memanfaatkan media pembelajaran seperti whatsapp group (WAG), google classroom, dan youtube; (2) Kesulitan yang dialami guru saat pendampingan proses pembelajaran secara daring yaitu karena media pembelajaran yang digunakan terbatas, kesulitan dalam berinteraksi dengan peserta didik serta kesulitan karena penetapan kurikulum Covid yang mempengaruhi waktu jam pelajaran jadi terbatas; (3) Strategi yang diterapkan oleh guru yaitu dengan mengemas materi pembelajaran secara kreatif agar dapat menarik perhatian peserta didik dan membuat materi dalam bentuk hardfile yang dapat dibagikan kepada peserta didik yang belum bisa menerima materi secara online sehingga mengharuskan datang secara langsung ke sekolah. Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran kepada pihak-pihak terkait yakni; (i) bagi kepala sekolah diharapkan dapat melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran secara daring; (ii) bagi guru diharapkan dapat meningkatkan kualitas keberhasilan dalam pembelajaran; (iii) bagi peserta didik diharapkan dapat mengikuti pembelajaran secara daring dengan penuh semangat; (iv) bagi orang tua diharapkan dapat meluangkan waktu untuk membimbing peserta didik dalam proses pembelajaran secara daring; (v) bagi peneliti lainnya diharapkan penelitian ini dapat dijadikan pedoman atau referensi untuk penelitian selanjutnya. Kata kunci: Guru, Pembelajaran Daring , Problematiaka pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 28 Oct 2021 07:02
Last Modified: 28 Oct 2021 07:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53468

Actions (login required)

View Item View Item