PERANAN CAMBRIDGE ANALYTICA TERHADAP KAMPANYE PEMENANGAN DONALD TRUMP PADA PEMILU TAHUN 2016

Chandrika Aldira Rachman, 172030108 (2021) PERANAN CAMBRIDGE ANALYTICA TERHADAP KAMPANYE PEMENANGAN DONALD TRUMP PADA PEMILU TAHUN 2016. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Chandrika.docx

Download (34kB)
[img] Text
LAMPIRAN Chandrika.docx

Download (72kB)
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN Chandrika.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN Chandrika.docx

Download (14kB)
[img] Text
Cover Skripsi Chandrika.docx

Download (37kB)
[img] Text
ABSTRAK skripsi Chandrika.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I chandrika.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB II Chandrika.docx

Download (79kB)

Abstract

Cambridge Analytica Ltd (CA) adalah firma konsultan politik Inggris yang terlibat dalam mempengaruhi ratusan pemilu secara global. Keterlibatan Cambridge Analytica dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pada tahun 2016 menguntungkan kampanye politik Donald Trump. Donald Trump dalam proses pemilihan presiden AS 2016 menggunakan Cambridge Analytica sebagai konsultan politiknya. Perusahaan tersebut memiliki cukup poin data tentang setiap orang Amerika untuk membangun profil kepribadian yang luas, yang dapat dimanfaatkan kliennya untuk “penargetan psikografis” iklan. Data tersebut diperoleh secara illegal dengan cara pencurian dan eksploitasi data jutaan pengguna Facebook. Namun kini Cambridge Analytica mengalami kebangkrutan karena berdampak pada peristiwa ini sehingga menuai banyak kecaman public dan juga ditengah pengawasan hukum dan politik yang berkembang dari praktik bisnisnya. Sehingga rumusan penelitian ini merupakan bagaimanakah dampak dari kecurangan Cambridge Analytica pada kampanye pemenangan Presiden di pemilu AS 2016? Penelitian ini akan dijelaskan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan Teknik pengumpulan data sekunder dengan berbagai Teori dan Konsep seperti: Propaganda, Behavioral, Agenda Setting dan Konstruktivisme yang akan membantu menjawab masalah ini. Hipotesis pada penelitian ini adalah Dengan kecurangan pada kampanye pemenangan calon Presiden AS Donald Trump tahun 2016 dengan menggunakan data media sosial dan kontroversi-kontroversi yang dilakukan olehnya, maka berdampak pada pailitnya konsultan politik Cambridge Analytica dan sehingga mempengaruhi pemilu 2016. Maka dari itu Kampanye digital Trump 2016 sangat bergantung pada penargetan iklan politik, maka dengan data tersebut memungkinkan Cambridge Analytica menargetkan kelompok orang yang belum menentukan pilihan, Tetapi memiliki probabilitas tinggi untuk memilih sehingga kampanye Trump pun menjadi lebih tepat sasaran. Kata kunci: Kampanye, Donald Trump, Cambridge Analytica.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 28 Oct 2021 02:52
Last Modified: 28 Oct 2021 02:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53423

Actions (login required)

View Item View Item