Riska Dhania Nur Octaviani, 172050165 (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DISBUDPAR KOTA BANDUNG MENGENAI CITRA PARIWISATA SELAMA COVID-19. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
Text
COVER.docx Download (47kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (51kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (38kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Download (39kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (2MB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Download (194kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN.docx Download (36kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (41kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (46kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (114kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DISBUDPAR KOTA BANDUNG MENGENAI CITRA PARIWISATA SELAMA COVID-19” (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Pemasaran DISBUDPAR Kota Bandung Mengenai Citra Pariwisata Selama Covid-19). Tujuan Penelitian ini untuk Mengetahui Bagaimana Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran yang dilakukan Oleh Disbudpar Kota Bandung Mengenai Citra Pariwisata Selama Covid-19 dilihat dari aspek Elemen Bauran Komunikasi Pemasaran. Elemen Bauran Komunikasi Pemasaran tersebut terdiri dari 5 aspek yaitu Advertising, Public Relations dan Publicity, Events dan Sponsorship, Personal Selling dan Sales Promotion. Metode Penelitian yang digunakan adalah Studi Deskriftif dengan Tipe Penelitian yang bersifat Kualitatif. Teori yang digunakan adalah Teori Komunikasi Pemasaran Terpadu dari Terence A. Shimp. Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian ini dengan cara Studi Pustaka, Observasi Lapangan dan Wawancara mendalam. Hasil yang diperoleh dari Penelitian ini adalah Disbudpar Kota Bandung menggunakan Advertising melalui Media Sosial Instagram, lalu menggunakan Public Relations melalui Seksi Kerja sama dan Tourist Information Center. Disbudpar Kota Bandung melaksanakan Event bulanan selama setahun penuh bertajuk Calendar Of Event Bandung City, untuk kegiatan Sponsorship tergantung dari besar kecilnya Event yang dilaksanakan. Kegiatan Sales Promotion dan Personal Selling, Disbudpar Kota Bandung tidak melakukannya secara langsung tetapi hanya sebagai Fasilitator dan Katalisator bagi pihak-pihak yang ingin menjual produk pariwisata sekaligus jembatan penghubung dalam memasarkan Pariwisata atau Kebudayaan Kota Bandung sehingga Citra yang diperoleh dapat dikatakan positif. Terlihat dari data jumlah kunjungan wisatawan dari sebelum adanya strategi komunikasi pemasaran dengan sesudah diberlakukannya strategi tersebut ada peningkatan dalam jumlah kunjungan dimana pada awal pandemi bulan April 2020 menurun menjadi sekitar 19,441 dan Mei kembali menurun pesat menjadi 2,525 lalu pada bulan Juni-Agustus meningkat menjadi sebanyak 197, 855 meskipun sempat menurun kembali di bulan September menjadi 112, 149 tetapi di akhir tahun 2020 kembali meningkat menjadi 299, 950. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Komunikasi Pemasaran, Covid-19
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 07:10 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 07:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53250 |
Actions (login required)
View Item |