PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X AKL di SMK Pasundan 1 Bandung Semester Genap T.A 2020/2021)

PRISKA MUTIARA DHITA, 175020045 (2021) PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X AKL di SMK Pasundan 1 Bandung Semester Genap T.A 2020/2021). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (Bahasa Indonesia).pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AN ABSTRACT (Bahasa Inggris).pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN (Bahasa Sunda).pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (562kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) gambaran literasi digital pada mata pelajaran ekonomi di kelas X AKL SMK Pasundan 1 Bandung, (ii) gambaran kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMK Pasundan 1 Bandung, (iii) besar pengaruh literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMK Pasundan 1 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan teknik pengumpulan data berupa angket dengan 71 sampel peserta didik. Hasil penelitian menunjukann: (i) gambaran literasi digital pada mata pelajaran ekonomi hasilnya yakni dengan rata-rata skor 3,84 dengan kriteria penafsiran setuju; (ii) gambaran kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran ekonomi hasilnya yakni dengan rata-rata skor 3.81 dengan kriteria penafsiran setuju; (iii) pengaruh literasi digital dinilai sangat rendah memberikan pengaruh akan kemampuan berpikir kritis sebesar 15% dengan kriteria penafsiran sangat rendah. Hipotesis pada penelitian ini terbukti bahwa “terdapat pengaruh literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X AKL T.A 2020/2021 di SMK Pasundan 1 Kota Bandung”. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait: i) bagi guru, diharapkan mampu memberikan masukan untuk menggunakan literasi digital dalam proses pembelajaran; ii) bagi peserta didik, diharapkan mampu memanfaatkan literasi digital dalam proses pembelajaran; iii) bagi sekolah, literasi digital digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat dijadikan bahan pertimbangan kebijakan sekolah selanjutnya; iv) bagi penelitian selanjutnya, diharapkan untuk mengkaji lebih dalam mengenai referensi yang berhubungan dan mempersiapkan diri dalam proses perencanaan, pengambilan, pengumpulan data serta hal lain yang berkaitan dengan proses penelitian sehingga penelitian dapat dilakukan dengan sangat baik. Kata Kunci : Literasi digital, Keterampilan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Oct 2021 04:40
Last Modified: 21 Oct 2021 04:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53234

Actions (login required)

View Item View Item