MEGA LESTARI, 175060119 (2021) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak b.inggris.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak indonesia.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak sunda.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (278kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (191kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pustaka tentang penggunaan model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah editing, organizing, dan finding. Teknik analisis data yang dilakukan secara komparatif, deduktif, induktif dan interpretatif. Dalam hal ini untuk meningkatkan pembelajaran diperlukan nya peran aktif siswa dan guru. keterlibatan peran aktif siswa dan guru sangat berpengaruh dalam efektivitas pembelajaran. Peran siswa dan guru tersebut agar mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis, memerlukan suatu model pembelajaran yang menekankan adanya pembelajaran aktif meliputi pemecahan masalah, kegiatan diskusi, kegiatan investigasi dan kerja tim. Salah satu model pembelajaran yang memfokuskan pada pembelajaran pemecahan masalah, kegiatan diskusi, kegiatan investigasi dan kerja tim salah satunya dengan menggunakan model Problem Based Learning. Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang menekankan pada pembelajaran berdasarkan permasalahan dunia nyata untuk dicarikan solusinya oleh siswa. Setelah guru melaksanakan peran dalam proses pembelajaran menggunakan Problem Based Learning diharapkan muncul kemampuan berpikir kritis pada siswa, meliputi menganalisis argumen, membuat kesimpulan, mampu menjawab pertanyaan, memecahkan masalah, keterampilan mengevaluasi dan menilai hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning rata-rata mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, karena terlaksananya aspek-aspek aktivitas guru dan siswa dikategorikan lebih aktif dalam pembelajarannya. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 03:59 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 03:59 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53226 |
Actions (login required)
View Item |