PERBANDINGAN MEDIA PEMBELAJARAN WHATSAPP GROUP DENGAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PPKN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PASUNDAN 3 BANDUNG

SARAH ZUMENA AZZAHRA, 175010010 (2021) PERBANDINGAN MEDIA PEMBELAJARAN WHATSAPP GROUP DENGAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PPKN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PASUNDAN 3 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
FILE 1 JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 3 ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 6 BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 7 BAB II.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text
FILE 8 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
FILE 9 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
FILE 10 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img]
Preview
Text
FILE 12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penggunaan media pembelajaran dalam moda daring melalui Google Classroom dan Whatsapp Group. Metode ini menggunakan metode survey dan penedektan kuantitatif serta variabel independen analisis ini yaitu media pembelajaran google classroom dengan whatsapp group dan variabel dependennya adalah hasil belajar. Sampel penelitian ini adalah peserta didik SMP Pasundan 3 Bandung. Sampel dilakukan dengan metode probability random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan langsung ke responden yaitu peserta didik kelas VIII-A, VIII-B, dan VIII-C sebanyak 30 butir pernyataan. Metode statistik yang digunakan yaitu uji normalitas untuk menilai sebaran data pada sebuah kelompok data atau variabel, apakah sebaran data tersebut berdistribusi normal ataukah tidak. Dilanjutkan pada pegolahan data uji independent sampel t-test pada bagian equal variances assumed diketahui nilai t hitung sebesar -2.419 dan terdapat nilai Sig. =0.000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan media pembelajaran whatsapp group dengan google classroom serta nilai rata-rata hasil belajar kelas media pembelajaran 1 lebih rendah dari nilai rata-rata hasil belajar media pembelajaran 2. Dengan demikian maka dapat diketahui bahwa hasil dari penelitian ini google classroom lebih efektif dan memberikan kemudahan akses bagi peserta didik dan guru ketika pembelajaran berlangsung hal ini dikarenakan adanya fitur-fitur yang ada pada aplikasi google classroom. Lain hal dengan Whatsapp group yang diperuntukan tidak khusus untuk pemebelajaran melainkan untuk berbalas pesan. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Google classroom, Whatsapp group, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Oct 2021 03:47
Last Modified: 21 Oct 2021 03:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53225

Actions (login required)

View Item View Item