ANALISIS SEMIOTIKA WEBTOON ABOUT DEATH (Analisis Semiotika Charles Sander Peirce dalam Webtoon About Death Karya Sini/ Hyeono).

Shely Ridlina, 172050003 (2021) ANALISIS SEMIOTIKA WEBTOON ABOUT DEATH (Analisis Semiotika Charles Sander Peirce dalam Webtoon About Death Karya Sini/ Hyeono). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana Analisis Semiotika Webtoon About Death. Dengan fokus penelitian pada Semiotika dalam Webtoon About Death Karya Sini/ Hyeono. Dalam skripsi ini penulis menuliskan rumusan masalah meliputi bagaimana representasi, objek dan interpretasi dalam komik About Death karya Sini/Hyeono. Dan meliuti juga bagaimana pesan moral dalam komik About Death karya Sini/Hyeono. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya yaitu dengan mengamati gambar dan teks dalam komik About Death episode 1-21 kemudian menganalisis gambar yang mengandung pesan moral. Teori yang digunakan adalah analisis semiotika Charles Sanders Peirce yaitu dengan melihat tanda/representasi, tipe tanda (ikon, indeks, simbol), objek dan interpretasi. Tanda-tanda tersebut bekerja untuk menghasilkan makna. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa tanda/representasi secara umum memberikan gambaran tentang perilaku baik atau buruknya seseorang disetiap potongan adegan, tipe tandanya adalah indeks karena bersifat kausal antara tanda dengan objeknya, kemudian objeknya adalah suatu hal yang menjadi persoalan dalam setiap potongan adegan, yang terakhir interpretasinya secara umum menjelaskan mengenai pesan moral dari baik/buruknya perbuatan yang dilakukan. Selanjutnya diperoleh pesan-pesan moral berdasarkan klasifikasi moral sebagai berikut: pertama, nilai moral terhadap Allah meliputi kesempatan kedua untuk hidup, rasa bersyukur maut, dan ajal. Kedua, nilai moral terhadap diri sendiri yang meliputi pemanfaatan waktu, kesempatan yang disia-siakan, dan tanggungjawab dalam bekerja. Ketiga, nilai moral terhadap keluarga adalah penderitaan anak, penantian dari sebuah kesetiaan, penyesalan perilaku keras kepala pada anak, kesedihan mendalam, kesedihan seorang ayah, pertanggungjawaban, dan pekerja keras. Keempat, nilai moral terhadap orang lain yaitu konsekuensi pembunuh, dampak seorang pemabuk, perilaku negatif, persahabatan, depresi atas tudingan orang lain, dan kebohongan. Jadi komik About Death ini menunjukkan pesan moral untuk mengajak seseorang selalu selalu melakukan perbuatan baik dalam menunggu setiap giliran untuk kembali kepada ciptaan-Nya. Kata Kunci: Pesan Moral, Line Webtoon, Komik About Death, Semiotika

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 15 Oct 2021 05:27
Last Modified: 15 Oct 2021 05:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53130

Actions (login required)

View Item View Item