PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS DI SMAN 17 BANDUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

FITRIANY, JINNY (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS DI SMAN 17 BANDUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER (HURUF KAPITAL).pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. ABSTRACT.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB II KAJIAN TEORI DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text
17. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
18. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
19. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan pola asuh orang tua siswa terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan studi dokumentasi dengan jumlah sampel sebanyak 98 siswa. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dengan pengolahan data menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Motivasi Belajar memiliki nilai thitung > ttabel (2,478 > 1,661) dengan nilai signifikansi 0,015 < 0,050, artinya secara parsial variabel (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar (Y). (2) Pola Asuh Orang Tua (X2) memiliki nilai thitung > ttabel (4,927 > 1,661) dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,050, artinya secara parsial variabel (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar (Y). Selanjutnya dalam pengujian Uji f (Simultan) Fhitung > Ftabel (3,092 > 36.149) dengan nilai signifikansi 0,00 > 0,050. Dengan demikian penelitian menyatakan bahwa tingkat hubungan simultan Motivasi Belajar (X1) dan Pola Asuh Orang Tua (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar (Y). Sebesar 43,16 % terhadap Hasil Belajar sebesar 56,84 % dipengaruhi oleh faktor lain yang diabaikan dalam penelitian ini. Sebagai akhir penelitian peneliti menyarankan saran kepada guru agar dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman untuk menciptakan motivasi belajar siswa, kepada orang tua wali agar lebih meningkatkan kontrol internal dan bimbingan agar dapat meningkatkan hasil belajar yang optimal pada peserta dan untuk peserta didik diharapkan agar lebih memperhatikan guru pada saat pemberian materi di dalam kelas. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Pola Asuh Orang Tua, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 14 Oct 2021 07:15
Last Modified: 14 Oct 2021 07:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53109

Actions (login required)

View Item View Item