FITRIANY, JINNY (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IPS DI SMAN 17 BANDUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER (HURUF KAPITAL).pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
10. ABSTRACT.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB II KAJIAN TEORI DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf Download (387kB) | Preview |
|
Text
17. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
||
Text
18. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (556kB) |
||
Text
19. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
|
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan pola asuh orang tua siswa terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan studi dokumentasi dengan jumlah sampel sebanyak 98 siswa. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dengan pengolahan data menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Motivasi Belajar memiliki nilai thitung > ttabel (2,478 > 1,661) dengan nilai signifikansi 0,015 < 0,050, artinya secara parsial variabel (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar (Y). (2) Pola Asuh Orang Tua (X2) memiliki nilai thitung > ttabel (4,927 > 1,661) dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,050, artinya secara parsial variabel (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar (Y). Selanjutnya dalam pengujian Uji f (Simultan) Fhitung > Ftabel (3,092 > 36.149) dengan nilai signifikansi 0,00 > 0,050. Dengan demikian penelitian menyatakan bahwa tingkat hubungan simultan Motivasi Belajar (X1) dan Pola Asuh Orang Tua (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar (Y). Sebesar 43,16 % terhadap Hasil Belajar sebesar 56,84 % dipengaruhi oleh faktor lain yang diabaikan dalam penelitian ini. Sebagai akhir penelitian peneliti menyarankan saran kepada guru agar dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman untuk menciptakan motivasi belajar siswa, kepada orang tua wali agar lebih meningkatkan kontrol internal dan bimbingan agar dapat meningkatkan hasil belajar yang optimal pada peserta dan untuk peserta didik diharapkan agar lebih memperhatikan guru pada saat pemberian materi di dalam kelas. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Pola Asuh Orang Tua, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 07:15 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 07:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53109 |
Actions (login required)
View Item |