LITERASI MEDIA SOSIAL DI KALANGAN PELAJAR SMA PASUNDAN 1 BANDUNG (Studi Fenomenologi Literasi Media Sosial Line dan Instagram)

Ayudia PrimaFitra, NPM : 168080007 (2021) LITERASI MEDIA SOSIAL DI KALANGAN PELAJAR SMA PASUNDAN 1 BANDUNG (Studi Fenomenologi Literasi Media Sosial Line dan Instagram). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (Indonesia) baru.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (Konteks Penelitian Baru).pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Kajian Pustaka dan Kerangka Pemikiran.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text
BAB III Metode Penelitian dan Subjek Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Literasi media (media literacy) adalah kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan mendekonstruksi pencitraan media. Literasi media merupakan studi dan analisis mengenai media. Penelitian ini berjudul Literasi Media Media Sosial Di Kalangan Pelajar SMA Pasundan 1 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipan studi kajian pustaka dan studi dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan conclusion drawing atau verification. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh hasil, bahwa Kemampuan literasi media sosial di kalangan pelajar SMA Pasundan 1 terhadap penyebaran informasi melalui media sosial line dan instagram. Dari semua kemampuan literasi media, pelajar SMA Pasundan 1 hanya menguasai kemampuan multitasking namun masih belum menguasai kemampuan yang membutuhkan pemikiran kritis dan kecakapan interaksi sosial seperti simulation, appropriation, collective intelligence, judgment, negotiation, dan visualization. Motif siswa SMA Pasundan 1 dalam penyebaran informasi media sosial line dan instagram adalah hanya kecenderungan ikut-ikutan orang lain, ikutan trending topik yang sedang ramai, hanya menunjukkan eksistentsi diri agar bisa dikenal orang banyak, dan tentunya hal tersebut kemudian berujung kepentingan pribadi untuk menambah pengikut di media sosial instagram dan line. Terdapat tindakan-tindakan lain dari sebagian siswa SMA Pasundan 1 Bandung terhadap penyebaran informasi bahwa dengan sikap skeptis atau hanya memilih diam, tidak ikut-ikutan orang lain jika mendapatkan informasi yang belum tentu benar, hal ini merupakan tindakan sesuai dalam meliterasi media terkait penyebaran informasi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:00
Last Modified: 07 Oct 2021 04:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52954

Actions (login required)

View Item View Item