PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMP

MUHAMMAD ISKANDAR ZULKARNAIN, NPM : 168060038 (2021) PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMP. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
COVER.docx

Download (67kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (44kB)
[img] Text
bab III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc
Restricted to Repository staff only until 7 October 2021.

Download (53kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model CPS berbantuan GeoGebra berdasarkan Kemampuan Awal Matematika (KAM) peserta didik (unggul dan asor) dan minat belajar peserta didik serta bagaimana korelasi antara kemampuan pemecahan masalah, komunikasi matematis dan minat belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen di SMP Negeri 1 Karangampel. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IX, dengan jumlah peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 42 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model CPS berbantuan GeoGebra lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional dan tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah kelompok KAM unggul dan KAM asor; (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematika peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model CPS berbantuan GeoGebra lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional dan tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis kelompok KAM unggul dan KAM asor; (3) Minat belajar peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model CPS berbantuan GeoGebra lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional; (4) Tidak terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah, komunikasi matematis dan minat belajar peserta didik. Kata Kunci: Creative Problem Solving (CPS), GeoGebra, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Komunikasi Matematis, Minat Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 07 Oct 2021 03:31
Last Modified: 07 Oct 2021 03:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52950

Actions (login required)

View Item View Item