FERAWATI, 145060041 (2021) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. cover.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstrak b. indonesia.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak b. inggris.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak b. sunda.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
11. Bab I.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
12. Bab II.pdf Download (211kB) | Preview |
|
Text
13. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
Text
14. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
||
Text
15. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
Text
16. Daftar pustaka.pdf Download (231kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji literatur tentang hubungan penggunaan model pembelajaran student teams achievement division (STAD) terhadap hasil belajar siswa. Pada proses pembelajaran, guru lebih sering menggunakan metode ceramah yang membuat kurangnya partisipasi aktif siswa. Hal tersebut mengakibatkan pembelajaran di kelas menjadi kurang menarik, menurunnya minat belajar siswa dan banyak nilai siswa dibawah KBM ( Ketuntasan Belajar Minimum). Perlunya peran guru dalam memilih model pembelajaran yang tepat sehingga hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan latar belakang penelitian merumuskan masalah dengan tujuan untuk mengetahui konsep model student teams achievement division (STAD). Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan buku dan jurnal yang terkait untuk dibaca dan dikaji. Teknis pengumpulan data dilakukan secara kualitatif dengan pengutipan teori dan hasil penelitian terdahulu yang berkaitan dengan judul yang diajukan. Pembelajaran student teams achievement division (STAD) menekankan siswa untuk belajar secara mandiri, aktif dan berfikir kritis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban atas permasalahan yang dihadapi. Penggunaan model student teams achievement division (STAD) secara signifikan memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, terjadinya hasil peningkatan belajar siswa dikarenakan pada pelaksanaannya siswa ditekankan untuk berfikir kritis. Siswa akhirnya mampu untuk menemukan sendiri konsep materi yang dipelajari melalui kegiatan student teams achievement division (STAD) yang menyebabkan pembelajaran lebih bermakna, serta meningkatnya hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari banyaknya teori dan hasil penelitian terdahulu yang mendukung terkait model pembelajaran student teams achievement division (STAD) terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran student teams achievement division (STAD), Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 18 Sep 2021 02:40 |
Last Modified: | 18 Sep 2021 02:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52590 |
Actions (login required)
View Item |