Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) sebagai Sumber Ekonomi Masyarakat Perantau di Kelurahan Ciketingudik Bantargebang dalam Esai Foto. Susiani Saragih:156020038

Susiani Saragih, Rahmadi, M.Sn (2021) Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) sebagai Sumber Ekonomi Masyarakat Perantau di Kelurahan Ciketingudik Bantargebang dalam Esai Foto. Susiani Saragih:156020038. Skripsi(S1) thesis, Fotografi & Film.

[img]
Preview
Text
Awal.doc.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.doc.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.doc.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.doc.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.doc.pdf

Download (895kB) | Preview
[img] Text
Bab Iv.doc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Bab V.doc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.doc.pdf

Download (311kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Sampah di Indonesia merupakan masalah yang sangat serius dan juga menjadi masalah sosial, ekonomi, dan budaya. Salah satu masalahnya adalah sampah plastik, namun jika sampah ditangani dengan baik dan ditempatkan di tempat yang tepat pastinya tidak akan menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan. Sampah dianggap sebagai sumber penyakit dan merusak lingkungan, namun sebaliknya keberadaan sampah TPST Bantargebang menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat pemulung. Memahami ekonomi dari persepektif sosiologi akan melihat fenomena�fenomena ekonomi dari sudut pandang ekonomi itu sendiri. Dalam sosiologi ekonomi terdapat proses dan pola interaksi sosial. Pemulung termasuk golongan sosiologi ekonomi ekonomi yang memiliki nilai usaha mengumpulkan barang bekas. Pada karya tugas akhir ini penulis memvisualkan tempat pembuangan sampah terpadu sebagai sumber ekonomi dari segi aspek keseharian dan lingkungan kerja. Untuk mendapatkan data yang terkait dengan topik karya tugas akhir ini penulis menggunakan metode kualitatif untuk mendapatkan informasi kemudian menerapkannya sesuai dengan fakta. Proses pengumpulan data dilakukan melalui wawancara pihak TPST Bantargebang yaitu Bapak Roy Sihombing dan Keluarga pemulung yaitu Ibu Salsa, observasi ke lingkungan TPST Bantargebang dan lingkungan tempat tinggal masyarakat pemulung dan studi litenatur. Hasil analisa dari selurug data kemudian diwujudkan kedalam rangkaian visual esai foto. Sebagai media utama, esai foto harus mampu memaparkan kebenaran secara demokratis, karena tujuan esai adalah memancing opini, agar setiap audiens memberi pendapat mengenai isu yang dimunculkan oleh pembuat karya. Kata Kunci: TPST Bantargebang, Pemulung, Sampah, Ekonomi, dan Esai Foto.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Fotografi dan Film 2020
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 23 Jun 2021 03:53
Last Modified: 23 Jun 2021 03:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52181

Actions (login required)

View Item View Item