PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DALAM TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE RECIPROCAL LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMPN 33 BANDUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

EGA, ASEP (2021) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DALAM TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE RECIPROCAL LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMPN 33 BANDUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover.docx

Download (36kB)
[img]
Preview
Image
lembar pengesahan.jpg

Download (480kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (82kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP 33 Bandung dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam pembelajaran membaca. Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang bersifar produktif. Artinya membaca adalah kegiatan menerima informasi dari bacaan. Teks deskripsi merupaka sebuah teks yang menggambarkan sebuah objek atau topic dengan rinci untuk memberikan gambaran yang nyata kepada pembaca. Informasi adalah pesan atau kabar mengenai suatu hal. Pada penelitian ini penulis membuat perencanaan pembelajaran, melakukan kegiatan pembelajaran, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP 33 Bandung. Metode yang digunakan dalam pembelajaran tersebut yaitu metode reciprocal learning. harapan penulis dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik dan mengetahui keefektifan metode yang digunakan dalam pembelajaran. Peneliti melakukan dua tes dalam kegiatan pembelajaran tersebut yaitu prates dan pascates. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis yaitu: observasi, kajian pustaka, dan tes. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini diolah menggunakan aplikasi IBS SPSS statistic 25. Penulis mendapatkan nilai 2.7 dalam kegiatan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Pembelajaran mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi menggunakan metode reciprocal learning pada peserta didik kelas VII SMP 33 Bandung mengalami perubahan dari nilai rata-rata awal 36.96 mengalami perubahan pada tes akhir menjadi 141.92. Hal tersebut membuktikan bahwa kemampuan peserta didik kelas VII SMP 33 Bandung mengalami peningkatan dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Membaca, Teks Deskripsi, Reciprocal Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2020
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Jun 2021 03:18
Last Modified: 26 Oct 2021 03:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52161

Actions (login required)

View Item View Item