ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED

WIJAYA, HENDRIAN (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstract.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab I.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Bab II.pdf

Download (816kB) | Preview
[img] Text
9. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
10.Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
11.Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
12.Daftar Pustaka.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Kemampuan matematis penting dimiliki oleh siswa, salah satunya yaitu kemampuan berpikir kritis matematis. Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan kemampuan prasyarat siswa dalam menguasai kemampuankemampuan matematis lainnya yang lebih tinggi. Salah satu pendekatan pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis yaitu pendekatan Open-Ended yang memiliki 5 tahapan pada pelaksanaan pembelajarannya, yaitu pemberian masalah terbuka (Open-Ended), menyelesaikan masalah, presentasi hasil diskusi, pembahasan respon siswa (diskusi kelas), dan pengambilan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis bagaimana konsep kemampuan berpikir kritis matematis, (2) Menganalisis bagaimana pembelajaran matematika melalui pendekatan OpenEnded, (3) Menganalisis bagaimana pendekatan Open-Ended dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik penelitian yang digunakan yaitu Editing, Organizing, dan Finding. Analisis data yang digunakan yaitu induktif dan komperatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendekatan Open-Ended memiliki dampak positif terhadap kemampuan matematis siswa, (2) Penerapan pendekatan Open-Ended dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis. (3) Terdapat keterkaitan antara kemampuan berpikir kritis matematis dengan pendekatan Open-Ended. Yang mengartikan bahwa semakin baik pendekatan Open-Ended maka akan semakin baik pula kemampuan berpikir kritis matematisnya. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Pendekatan Open-Ended

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2020
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 26 Apr 2021 02:42
Last Modified: 26 Apr 2021 02:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51825

Actions (login required)

View Item View Item