RIFALDY DESPRIANA, 165030019 (2021) PEMBELAJARAN MENULIS KEMBALI TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL FLEMING GUNA MENINGKATKAN KUALITAS DALAM MENGEMBANGKAN GAGASAN MENULIS DESKRIPTIF PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK WIKRAMA 1 GARUT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER CD.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDO CD.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS CD.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA CD.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I CD.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II CD.pdf Download (526kB) | Preview |
|
Text
BAB III CD.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
||
Text
BAB IV CD.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V CD.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA CD.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat peserta didik dalam keterampilan menulis terutama pada teks biografi. Kurang minat ini disebabkan karena kurangnya kemampuan menuangkan ide gagasan kedalam bentuk tulisan secara deskriptif dan penggunaan metode pembelajaran yang monoton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis kembali teks biografi yang berfokus pada mengembangkan gagasan dalam menulis deskriptif dengan menggunakan model fleming; mengetahui kemampuan peserta didik kelas ekperimen dalam pembelajaran menulis kembali teks biografi yang berfokus pada mengembangkan gagasan dalam menulis deskriptif dengan menggunakan model fleming dibandingkan kelas kontrol; mengetahui hasil belajar peserta didik kelas ekperimen dalam pembelajaran menulis kembali teks biografi yang berfokus pada mengembangkan gagasan dalam menulis deskriptif dengan menggunakan model fleming dibandingkan kelas kontrol; mengetahui keefektifan model fleming yang digunakan dalam pembelajaran menulis kembali teks biografi yang berfokus pada mengembangkan gagasan dalam menulis deskriptif dengan menggunakan model fleming dibandingkan metode diskusi. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan desain kuasi eksperimental. Adapun hasil penelitian yaitu, penulis mampu dalam merencanakan pembelajaran dengan memperoleh nilai sebesar 3,4 berkategori baik, dan mampu melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran dengan memperoleh nilai 3,3 berkategori baik. Kemampuan peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata hasil pretes 40,47 > 30,93 dan rata-rata hasil postes 90,80 > 69,47. Model fleming efektif digunakan pada kelas eksperimen dibandingkan metode diskusi pada kelas kontrol. Hal ini dibuktikan pada Uji Mann-Whitney (Gain) yang membuktikan hasil signifikasi 0,01. Apabila nilai sig 0,01 < 0,05, maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil tersebut penulis menyimpulkan bahwa model fleming efektif digunakan pada pembelajaran menulis kembali teks biografi yang berfokus pada mengembangkan gagasan dalam menulis deskriptif. Kata Kunci: Menulis Kembali, Teks Biografi, Ide Gagasan dan Menulis Deskriptif, Fleming
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 27 Jan 2021 04:51 |
Last Modified: | 27 Jan 2021 04:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50334 |
Actions (login required)
View Item |