ANALISIS MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Pustaka)

Hani Noerafifah, 165060057 (2020) ANALISIS MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Pustaka). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. RINGKESAN(1).pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai: 1) Konsep model Project Based Learning dalam meningkatkan kemampuan kerja sama siswa Sekolah Dasar; 2) Strategi model Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan kerja sama siswa Sekolah Dasar; 3) Hubungan kerja sama siswa Sekolah Dasar dengan model Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka atau studi literatur (Library Research). Sumber data yang digunakan menggunakan sumber data primer dan sekunder yang diperoleh dari berbagai sumber jurnal, buku, skripsi, dan lain-lain yang sebelumya telah melakukan penelitian mengenai model Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan kerja sama siswa Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil analisis dari berbagai jurnal yang menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) terbukti bahwa dengan menggunakan model Project Based Learning terdapat peningkatan dari setiap siklusnya dari siklus I sampai siklus II dengan rata-rata sebesar 20%-30%. Sedangkan pada analisis berdasarkan jurnal yang menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen terbukti bahwa dengan menggunakan model Project Based Learning terdapat pengaruh dengan rata-rata hasil kelas eksperimen 85,5 > kelas kontrol 78,5. Maka dari itu, dengan menggunakan model Project Based Learning terbukti dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa Sekolah Dasar. Karena, model Project Based Learning merupakan suatu model pembelajaran yang memberi kebebasan siswa dalam membangun pengetahuannya sendiri melalui kegiatan pemecahan masalah yang dilakukan dengan proses penyelidikan, pengumpulan informasi untuk menyelesaikan suatu pengerjaan proyek yang dilakukan secara kolaboratif atau kerja sama dan mampu menghasilkan suatu produk yang bermanfaat. Kata Kunci : Kerja Sama, Model Project Based Learning, Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 10 Dec 2020 07:13
Last Modified: 10 Dec 2020 07:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50127

Actions (login required)

View Item View Item