SITI ASIAH, 165060019 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Survey Pada Peserta Didik Kelas V di Kelurahan Babakan Ciparay Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (109kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh penggunaan gadget terhadap motivasi belajar peserta didik sekolah dasar. Latar belakang masalah didasari pada pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi saat ini melalui pembelajaran daring atau online, pembelajaran dilakukan melalui grup whattsapp, google classroom, google form, dan zoom. Hal ini membuat penulis meneliti lebih lanjut untuk menguji bagaimana dampak yang ditimbulkan dari penggunaan gadget terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V yang ada di Kelurahan Babakan Ciparay Kota Bandung. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket atau kuesioner yang disebarkan kepada seluruh peserta didik di Kelurahan Babakan Ciparay Kota bandung dengan pengambilan sampel sebanyak 247 responden. Metode statistik yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikansi, yaitu 0,001 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh penggunaan gadget (handphone) terhadap motivasi belajar peserta didik dengan persamaan nilai koefisien regresi X sebesar 0,264 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai penggunaan gadget, maka nilai motivasi belajar bertambah sebesar 0,264. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,41 atau 4,1%, hal ini menunjukan bahwa variabel penggunaan gadget (X) memiliki pengaruh positif terhadap motivasi belajar peserta didik (Y). sebesar 4,1% dan 95,9% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel penggunaan gadget. Kata Kunci : Gadget, Motivasi Belajar Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 01 Nov 2020 07:28 |
Last Modified: | 01 Nov 2020 07:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49894 |
Actions (login required)
View Item |