PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 1 RANCAEKEK TAHUN AJARAN 2019/2020

ANISSA NURAENI, 165020085 (2020) PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 1 RANCAEKEK TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak b.indo.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract (Inggris).pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkesan (sunda).pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (24kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (i) mengatahui lingkungan teman sebaya pada siswa kelas X IPS 2 di SMA Negeri 1 Rancaekek, (ii) mengetahui motivasi belajar siswa kelas X IPS 2 di SMA Negeri 1 Rancaekek, (iii) mengetahui pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri Rancaekek. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, serta teknik pengolahan data yang digunakan adalah uji normalitas, uji regresi linier sederhana, uji hopotesis, dan uji determinasi dengan bantuan program SPSS 23 for windows. Berdasarkan hasil pengolahan data maka diperoleh (i) hasil rata-rata lingkungan teman sebaya sebesar 4,27 yang memiliki pengaruh sangat baik, (ii) rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 4,3 yang berarti siswa memiliki motivasi sangat baik. (iii) Pada uji regresi linier sederhana nilai t hitung sebesar 3.081 dengan tingkat signifikan sebesar 0.004 maka dapat disimpulkan bahwa lingkungan teman sebaya berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. besarnya kontribusi yang diberikan oleh variabel lingkungan teman sebaya yaitu R square sebesar 0.223 yang berarti lingkungan teman sebaya berpengaruh terhadap motivasi belajar sebesar 22,3% dan 77,7% lainnya dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak di teliti. Dapat disimpulkan bahwa lingkungan teman sebaya berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. saran dari penelitian ini adalah (i) bagi siswa diharapkan siswa mampu bersosialisasi dengan lingkungan teman sebayanya yang diharapkan dapat menjadi teman belajar bagi siswa, (ii) bagi guru diharapkan dapat memberikan nasihat kepada siswa agar memiliki sikap toleransi dapat berbaur dengan teman sebayanya serta memberikan dorongan agar siswa memiliki motivasi yang tinggi, dan (iii) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan penelitian ini dijadikan sebagai salah satu referensi untuk bahan penelitian selanjutnya. Kata Kunci : Lingkungan teman sebaya, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 20 Oct 2020 02:11
Last Modified: 20 Oct 2020 02:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49503

Actions (login required)

View Item View Item