PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI DENGAN MEMERHATIKAN STRUKTUR DAN KEBAHASAAN MENGGUNAKAN METODE LEARNING CYCLE 7E PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMKN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Rizki Maulani Nur Alfath, 155030078 (2020) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI DENGAN MEMERHATIKAN STRUKTUR DAN KEBAHASAAN MENGGUNAKAN METODE LEARNING CYCLE 7E PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMKN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text
2. Pengesahan.pdf

Download (53kB)
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRACT (pdf.io).pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Ringkesan.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB 1.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (591kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (187kB)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Memproduksi teks merupakan salah satu kegiatan yang berkaitan dengan berbahasa yang menghasilkan sebuah produk. Produk yang dihasilkan pada kegiatan berbahasa ini adalah karya tulis. Penulis bermaksud untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam proses memproduksi teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kuantitatif. Adapun hasil penelitiannya, yaitu: (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kaidah kebahasaan menggunakan model Learning Cycle 7E. Hal ini terbukti dari nilai perencanaan pembelajaran mendapat nilai rata-rata sebesar 3,88 pada kelas eksperimen dan 3,78 pada kelas kontrol. Pelaksanaan pembelajaran mendapat nilai rata-rata sebesar 3,9 pada kelas eksperimen dan 3,9 pada kelas kontrol; (2) Peserta didik kelas XI SMKN 4 Bandung mampu memproduksi teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kaidah kebahasaanya. Hal ini terbukti pada kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata pretest sebesar 49,04 dan nilai rata-rata postest sebesar 84, 57, sedangkan hasil pretest rata-rata di kelas kontrol 51,94 dan rata-rata postest 76,6 (3) Adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dalam memproduksi teks eksplanasi dengan mememerhatikan struktur dan kebahasaanya menggunakan model Learning Cycle 7E. Hal ini terbukti dari pengujian hipotesis dengan uji paired simple test didapatkan nilai (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka, Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMKN 4 Bandung dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan; (4) Model Leaning Cycle 7E efektif digunakan dalam memproduksi teks eksplanasi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil data independent samples t-test dengan nilai (Asymp. Sig 2 tailed) 0,156 < 0,05 dari hasil tersebut terdapat nilai yang signifikan. (5) Model Learning Cycle 7E efektif digunakan pada pembelajaran memproduksi teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaanya, terbukti pada uji independent samples t-test mendapat nilai (Asymp. Sig 2 tailed) 0,042 < 0.05 yang artinya terdapat nilai keefektifan pada model Learning Cycle 7E yang digunakan pada kelas ekeperimen. Kata kunci: memproduksi, teks eksplanasi, Learnig Cycle 7E

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2020 08:29
Last Modified: 23 Sep 2020 08:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48843

Actions (login required)

View Item View Item