RAMAJUNIS ASHARY CANIAGO, 135060100 (2019) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA TEMA PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN (Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di Kelas III Semester 1 SDN Bojongloa 2 Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrakindo.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrakinggris.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
abstraksunda.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
babII.pdf Download (657kB) | Preview |
|
Text
babIII.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) |
||
Text
BABIV.pdf Restricted to Repository staff only Download (822kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (185kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena masih banyak siswa yang kurang menunjukkan motivasinya dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM. Tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan sikap motivasi, santun, peduli, dan tanggung jawab siswa serta hasil belajar siswa baik pada aspek pengetahuan maupun keterampilan pada pembelajaran tematik tema Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan subtema Pelestarian Hewan dan Tumbuhan Langka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Bojongloa 2, sebanyak 32 orang yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 12 siswi perempuan. Hasil penelitian pada siklus I pada aspek sikap yaitu sikap motivasi, santun, peduli, tanggung jawab percaya cenderung berada pada kategori mulai terlihat (MT). Pada siklus II kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori membudaya (M) dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil belajar pada aspek pengetahuan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 21 orang atau sebesar 67% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 11 orang siswa atau sebesar 33%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 29 orang atau sebesar 91% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 3 orang siswa atau sebesar 9%. Pada aspek keterampilan pada siklus I keterampilan siswa cenderung berada pada kategori Baik (B). Pada siklus II keterampilan siswa cenderung berada pada kategori sangat baik (A). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan subtema Pelestarian Hewan dan Tumbuhan Langka. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Motivasi, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 26 Oct 2019 04:02 |
Last Modified: | 26 Oct 2019 04:02 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46584 |
Actions (login required)
View Item |