PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Jerukmipis Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2019/2020)

Resa Dwi Novian, 155060090 (2019) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Jerukmipis Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indo.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK sUNDA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB III.pdf

Download (639kB) | Preview
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning pada Subtema Organ Gerak Hewan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN Jerukmipis Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan peserta didik yang kurang menunjukkan sikap percaya diri dan hasil belajar yang kurang, dikarenakan peserta didik masih belum berani dalam mengemukakan pendapat, bertanya atau menjawab pertanyaan dan dalam pembelajaran pendidik hanya menggunakan metode dan media yang kurang bervariasi dan guru dalam menjelaskan materi hanya terpacu pada buku pegangan sehingga siswa cenderung menjadi pasif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksakan dalam 3 siklus dan kegiatan sesuai dengan tahap-tahap model Problem Based Learning. Pengumpulan data menggunakan hasil tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik pada siklus I sampai siklus III memperoleh nilai 23% sampai dengan 87%, dan sikap percaya diri pada siklus I sampai dengan siklus III yaitu 17% menjadi 90%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Subtema Organ Gerak Hewan. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 25 Oct 2019 08:46
Last Modified: 25 Oct 2019 08:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46524

Actions (login required)

View Item View Item