PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas V SDN Cangkuang 02 Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2019/2020)

Laela Monika, 155060042 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas V SDN Cangkuang 02 Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa masih banyak ditemukan dilapangan, oleh sebab itu peneliti memilih model Numbered Head Together saat pembelajaran karena Numbered Head Together dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Cangkuang 02 Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen Non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Cangkuang 02 dengan jumlah 74 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini sebanyak 40 siswa yakni kelas VA dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VB dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen, teknik yang digunakan untuk memilih sampel adalah purposive sampling memilih sampel dengan tujuan tertentu. Instrumen yang digunakan adalah angket yang berisis 30 pernyataan, pretest sebelum melakukan penelitian posttest sesudah melakukan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji effect size. Hasil analisis data berdasarkan uji hipotesis diperoleh signifikansi pada kedua kelas sebesar 0,00< dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Model Numbered Head Together, Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Oct 2019 08:39
Last Modified: 25 Oct 2019 08:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46519

Actions (login required)

View Item View Item