PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Di Kelas IV SD Negeri 067 Nilem Bandung)

AGNES CIPTA INGGASWANA, 155060026 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Di Kelas IV SD Negeri 067 Nilem Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK B.INDONESIA.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK B.INGGRIS.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK B.SUNDA.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text
8. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pendidik belum pernah melakukan penelitian penggunaan model pembelajaran Role Playing di sekolah dasar. Serta rendahnya hasil belajar peserta didik, juga suasana belajar yang cenderung satu arah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keberhasilan model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa di kelas IV sekolah dasar negeri 067 Nilem Bandung. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dan sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-C sebagai kelas kontrol di sekolah dasar negeri 067 nilem Bandung di Kota Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu test dan non test berupa lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar setelah diujikan menggunakan pengujian hipotesis one sample test dengan bantuan aplikasi spss 16 diperoleh nilai signifikansi 0,000<0,05, maka H a diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa. Adapun besarnya pengaruh dari model Role Playing melalui perhitungan effect size diperoleh 0,81 dengan interpretasi besar. Ini artinya model pembelajaran Role Playing memberikan pengaruh besar terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : Hasil belajar, Model Pembelajaran Role Playing

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Oct 2019 08:11
Last Modified: 25 Oct 2019 08:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46503

Actions (login required)

View Item View Item