PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS TERHADAP PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Quasi Eksperimen di kelas V SDN 077 Sejahtera Bandung)

DIANA FAJRIYAH SEPTIANI, 155060054 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS TERHADAP PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Quasi Eksperimen di kelas V SDN 077 Sejahtera Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK IND.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ING.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurang optimalnya media dan proses pembelajaran serta hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media grafis dalam proses dan hasil belajar siswa pada Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 1, 2, dan 3. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas V-E sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional dan V-F sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media grafis dalam pembelajarannya di SDN 077 Sejahtera Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) Proses pembelajaran pada kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional kurang menarik dan pasif dibandingkan kelas eksperimen yang menggunakan media grafis. 2) Hasil rata-rata kelas kontrol lebih rendah daripada kelas eksperimen. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan metode konvensional dengan kelas yang menggunakan media grafis. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media grafis terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Media Grafis, Proses, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 25 Oct 2019 07:52
Last Modified: 01 Nov 2019 04:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46491

Actions (login required)

View Item View Item