PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIP TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas IV SDN 032 Tilil Bandung)

REGRA AMANDA, 155060116 (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIP TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas IV SDN 032 Tilil Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTARK INDO.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTAK INGGRIS.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model kooperatif tipe TGT (teams games tournament) terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 032 Tilil Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TGT (teams games tournament) memberikan kontribusi yang baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Adapun, rata-rata nilai gain kelas eksperimen sebesar 0,3 sedangkan pada kelas kontrol 0,2 maka dari itu peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dengan model kooperatif tipe TGT (teams games tournament) lebih besar peningkatannya dari pada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Dari hasil pengujian independent t sample memperoleh hasil sis.(2tailed) sebesar 0,00 yang artinya lebih kecil dari 0,05 dengan demikian terdapat perbedaan pencapaian hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT (teams games tournament). Selain itu, pengaruh antara model kooperatif tipe TGT (teams games tournament) terhadap hasil belajar diswa dengan menggunakan uji determinasi dimana hasil R square memperoleh nilai sebesar 0,470 yang kemudian dimasukkan pada rumus dimana hasil koefisien determinasi memperoleh nilai sebesar 47%. Dengan demikian, maka dapat disimplkan bahwa model kooperatif tipe TGT (teams games tournament) berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar. Kata Kunci: hasil belajar, siswa, TGT.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 25 Oct 2019 07:40
Last Modified: 25 Oct 2019 07:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46484

Actions (login required)

View Item View Item