PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA 2 KEBERAGAMAN MAHLUK HIDUP DI LINGKUNGANKU (Penelitian Tindakan Kelas pada peserta didik Kelas IV SDN Kiangroke I Kabupaten Bandung)

Wina Nurwenda, 155060109 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA 2 KEBERAGAMAN MAHLUK HIDUP DI LINGKUNGANKU (Penelitian Tindakan Kelas pada peserta didik Kelas IV SDN Kiangroke I Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (170kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model Problem Based Learning dalam tema peduli terhadap mahluk hidup dan subtema keberagaman mahluk hidup di lingkunganku. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan peserta didik di kelas IV SDN 1 Kiangroke yang dalam hasil belajarnya masih belum mencapai ketuntasan belajar maksimal (KBM), dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru bukan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan sering menggunakan model pembelajaran konvesional sedangkan model Problem Based Learning belum pernah dilakukan. Berdasarkan latar belakang tersebut upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan sikap, keterampilan mengomunikasikan dan hasil belajar peserta didik di kelas IV SDN 1 Kiangroke. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menerapkan aturan persiklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dalam tiga siklus dan sesuai dengan langkah fase yang terdapat pada model Problem Based Learning, pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan hasil test (evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rencana pelaksanaan pembelajaran memperoleh hasil pada siklus I yaitu 81%, siklus II sebesar 87%, dan siklus III mencapai 96%. Pelaksanaan pembelajaran memperoleh hasil pada siklus I sebesar 70%, siklus II sebesar 83,25%, dan siklus III sebesar 96%. Hasil belajar pada ranah afektif pada siklus I sebesar 48%, siklus II sebesar 68% dan siklus III sebesar 84%. Selanjutnya pada ranah psikomotor (keterampilan mengomunikasikan) dari siklus I sebesar 39%, siklus II sebesar 52%, dan siklus III mencapai 84%. Kesimpulan yang didapat bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Peduli Terhadap Mahluk Hidup dan subtema Keberagaman Mahluk Hidup Di Lingkunganku di Kelas IV SDN 1 Kiangroke Kab, Bandung. Sehingga demikian, penggunaan model PBL dapat dijadikan referensi pertimbangan untuk digunakan di kelas khususnya pada subtema Keberagaman Mahluk Di Lingkunganku. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil belajar, Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 25 Oct 2019 07:25
Last Modified: 25 Oct 2019 07:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46470

Actions (login required)

View Item View Item