PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian Tindakan Kelas di SDN 223 Bhakti Winaya Kelas VI A Kecamatan Regol Kota Bandung)

Septi Navitri, 155060155 (2019) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian Tindakan Kelas di SDN 223 Bhakti Winaya Kelas VI A Kecamatan Regol Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar Pengesahan.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran matematika materi operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 223 Bhakti Winaya Kecamatan Regol Kota Bandung dengan latar belakang rendahnya hasil belajar peserta didik sehingga belum memenuhi KKM didalam pembelajaran karena peserta didik masih kesulitan dalam operasi hitung seperti perkalian,pembagian, penjumlahan dan pengurangan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan pada setiap siklusnya menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning yang terdiri dari 5 tahap, yaitu orientasi peserta didikpada masalah, mengorganisasikan peserta didik, membimbing penyelidikan individu dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah tekhnik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dan teknik non tes untuk mengetahui sikap dan keterampilan peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan pada setiap siklusnya yaitu siklus I 56% peserta didik memiliki nilai KKM tuntas, siklus II 68% peserta didik tuntas, dan siklus III peserta didik yang tuntas sebanyak 85%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model Problem Based Learning sangat menunjang terhadap peningkataan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian penerapan model Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran matematika. Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 25 Oct 2019 07:20
Last Modified: 29 Nov 2019 07:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46468

Actions (login required)

View Item View Item