NURUL ALIA, 155060129 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian Quasi Experimen pada Kelas VI Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan di SDN 001 Merdeka Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
[0] COVER.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
1. Abstrak B.Indonesia.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak B.Inggris.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstrak B.Sunda.pdf Download (139kB) | Preview |
|
Text
5. BAB I Pendahuluan.pdf Download (0B) |
||
Text
6. BAB II Kajian Teori.pdf Download (0B) |
||
Text
7. BAB III Metlit.pdf Restricted to Repository staff only Download (794kB) |
||
Text
8. BAB IV Hasil Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (702kB) |
||
Text
9. BAB V Simpulan dan Saran.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
|
Text
10. Daftar Pustaka.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap aktivitas belajar peserta didik . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design, yang mana dalam penelitian ini terdapat dua kelas yang diteliti. Kelas pertama adalah kelas VI B sebagai kelas eksperimen dengan sampel jumlah 20 siswa dan kelas kedua adalah kelas VI D sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel 20 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik lembar observasi, angket, wawancara dan studi dokumenter. Hasil penelitian yang dilaksanakan di SD Negeri 001 Merdeka Kota Bandung memperoleh data nilai akhir diuji menggunakan T-test dengan perolehan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,009. Kriteria pengambilan keputusannya ialah bila Sig.(2-tailed) > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak, sebaliknya apabila nilai Sig.(2-tailed) > 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Pada hal ini 0,009 lebih kecil dibandikan 0,05 (0,009 < 0,05). Maka keputusannya ialah Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model discovery learning terhadap aktivitas belajar peserta didik. Selain itu dari hasil perhitungan melalui rumus effect size didapatkan cohen’d sebesar 0,59 yang mana artinya pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap aktivitass belajar berada pada tahapan sedang. Kata kunci: Model pembelajaran discovery learning, aktivitas belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 07:10 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 07:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46457 |
Actions (login required)
View Item |