PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS PANTUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 CIKARANG UTARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

PUSPA DILONIX REGIA, 125030112 (2019) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS PANTUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 CIKARANG UTARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2ku.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Metode pembelajaran contextual teaching and learning adalah salah satu metode pembelajaran bahasa yang dapat diterapkan untuk membina dan melatih siswa untuk aktif dalam berkelompok atau individu. Berdasarkan penjelasan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pembelajaran Memproduksi Teks Pantun Dengan Menggunakan Metode Contextual Teaching And Learning pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Cikarang Utara Pelajaran 2017/2018”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, menilai pembelajaran memproduksi teks pantun dengan menggunakan metode contextual teaching and learning, mampukah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cikarang Utara memproduksi teks pantun dengan tepat dan efektifkah metode contextual teaching and learning digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks pantun pada siswa kelas XI SMA Negeri Cikarang Utara. Hipotesis yang penulis rumuskan adalah sebagai berikut. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, menilai kegiatan pembelajaran memproduksi teks pantun dengan menggunakan metode contextual teaching and learning pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cikarang Utara. Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cikarang Utara mampu memproduksi teks pantun dengan tepat. Metode contextual teaching and learning efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks pantun pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cikarang Utara. Berdasarkan pengolahan data penelitian yang telah dilakukan, penulis menyimpulkan hal-hal sebagai berikut.Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, menilai kegiatan pembelajaran Memproduksi Teks Pantun Dengan Menggunakan Metode Contextual Teaching And Learning pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Cikarang Utara. Hal ini terbukti dari hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran mengklasifikasi struktur teks cerita biografi dengan menggunakan metode contextual teaching and learning pada guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Adapun hasil penilaian perencanaan pembelajaran penulis yaitu 3,6 dengan kategori sangat baik (A).. Nilai rata-rata pretes yaitu 1,1, sedangkan nilai rata-rata postes 3,61. Jadi, selisih nilai rata-rata pretes dan postes yaitu 2,51. Metode contextual teaching and learning efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks pantun pada siswa kelas XI. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil yang menunjukkan t hitung > t tabel , yaitu 17,7 > 2,06 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 2 4. Dengan demikian, metode contextual teaching and learning efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks pantun. Kata Kunci: Pembelajaran, memproduksi, teks pantun, metode contextual teaching and learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 24 Oct 2019 08:47
Last Modified: 24 Oct 2019 08:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46378

Actions (login required)

View Item View Item