Ria Oktaverina Tampubolon, 155030026 (2019) PEMBELAJARAN MENGANALISIS PEMAHAMAN SISWA DALAM MEMBACA CUPLIKAN TEKS FIKSI DAN NON FIKSI MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 40 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER RIA.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (147kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (721kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) | Preview |
Abstract
Penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai "Pembelajaran Menganalisis Tanggapan Cuplikan Teks Fiksi Dan Non Fiksi Dalam Forum Diskusi Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 40 Tahun Pelajaran 2018/2019". Ada pun hasil penelitiannya adalah: 1) Peneliti mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyajikan tanggapan secara tulis isi cuplikan teks fiksi dan non fiksi dalam diskusi. Peneliti mendapatkan nilai sebesar 3,70 dan dalam pelaksanaan pembelajaran peneliti mendapatkan nilai sebesar 3,75. Dari kedua nilai tersebut, peneliti mempunyai nilai dengan kategari sangat baik (A). 2) Peserta didik kelas VII SMP Negeri 40 Bandung dapat menyajikan semua tanggapan secara tulis cuplikan teks fiksi dan non fiksi. Hal ini dibuktikan dari selisih nilai rata -rata pretest sebesar 27,0 dan nilai posttest sebesar 79,0. Selisih dari kedua nilai tersebut sebesar 55. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar pada peserta didik kelas eksperimen dan peserta didik kelas kontrol. Perbedaan tersebut diperoleh dari hasil uji paired sample t-test rata-rata yang didapatkan dari nilai pretest dan posttest kelas eksperimen yaitu rata-rata nilai pretest sebesar 29,0 dan posttest sebesar 91,0. Sedangkan pada rata-rata kelas kontrol yaitu pada pretest sebesar 27,0 dan posttest sebesar 79,0. 4) Model cooperative integrated reading and composition lebih efektif daripada dan model ceramah pada pembelajaran menelaah pemahaman cuplikan teks fiksi dan non fiksi dalam forum diskusi. Nilai peserta didik kelas eksperimen hasil perhitungan N-gain score menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen sebesar 83,63 kategori cukup efektif. Sementara untuk nilai rata-rata N-gain score kelas kontrol sebesar 56,91.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 08:06 |
Last Modified: | 22 Oct 2019 08:06 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46288 |
Actions (login required)
View Item |