METODE E-LEARNING SEBAGAI KOMPONEN TPACK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK JARINGAN HEWAN

Veny Handayani, 155040084 (2019) METODE E-LEARNING SEBAGAI KOMPONEN TPACK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK JARINGAN HEWAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB I.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. BAB II.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text
18. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] Text
19. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)
[img] Text
20. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menggunakan metode E-Learning dalam kerangka kerja TPACK terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik dengan materi pokok Jaringan Hewan. Subjek yang digunakan adalah 32 orang peserta didik dikelas XI MIPA SMA Nasional Bandung. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan tipe design One-Group Pretest Posttest Design. Pembelajaran ini menggunakan metode E-Learning yang bahan ajarnya di upload ke LMS Moodle yang dapat diakses melalui internet dengan situs unpas15.com. Pengukuran hasil belajar peserta didik diukur melalui soal Pretest dan Posttest adapun jenis soal yang digunakan adalah multiple choice dengan jumlah 20 soal dan terdapat 4 alternatif jawaban. Keefektifan E-Learning dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik dengan peningkatan skor (Gain=34.53) dari jumlah 32 orang peserta didik 7 orang peserta didik (21,87%) mengalami peningkatan hasil belajar dengan kriteria tertinggi (N-Gain = 0,71-0.86) dan 24 orang peserta didik (75%) mengalami peningkatan hasil belajar dengan kriteria sedang (N-Gain = 0,44-0,70) dan 1 orang (3,13%) peserta didik mengalami peningkatan hasil belajar dengan kriteria rendah (N-Gain = 0,14). Pada ranah afektif (sikap) yang diperoleh dari observasi di kelas selama proses pembelajaran, menunjukan bahwa pada aspek penilaian rasa ingin tahu terdapat 67,1% peserta didik menunjukkan tanggung jawab, 62,9% peserta didik menunjukan sikap disiplin 62,1% , peserta didik menujukan responsive dan proaktif terdapat 67,1% dan peserta didik melaksanakan pembelajaran dengan mengakses MMI terdapat 75,7% . dari 32 peserta didik terdapat 5 diantaranya memiliki kriteria sangat baik, 6 memiliki kriteria baik dan 21 peserta didik memiliki kriteria cukup. Kata kunci : E-Learning , TPACK, Hasil Belajar Peserta Didik, Jaringan Hewan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2019 07:15
Last Modified: 18 Oct 2019 07:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46077

Actions (login required)

View Item View Item