MOCHAMMAD REKY FAHLEVI, 155030123 (2019) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI JENIS DIKSI YANG MENGUNGKAP ASPEK MAKNA YANG TERKANDUNG DALAM PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM POSING LEARNING PADA SISWA KELAS X SMK NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
9. RINGKESAN.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (245kB) | Preview |
|
Text
16. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
||
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran mengidentifikasi jenis diksi yang mengungkap aspek makna yang terkandung dalam puisi ini menggunakan metode problem posing learning bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemikiran kritis, demi tujuan meningkatkan pembelajaran peserta didik. Dengan demikian, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pembelajaran mengidentifikasi jenis diksi yang mengungkap aspek makna yang terkandung dalam puisi ini menggunakan metode problem posing learning. Adapun hasilnya peneltiannya yaitu, 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,76. 2) Peserta didik mampu mengikuti pembelajaran mengidentifikasi jenis diksi yang mengungkap aspek makna yang terkandung dalam puisi. Hal ini dibuktikan dengan peroleh nilai minimum postes 68 dan nilai maksimum postes 94. 3) Metoode problem posing learning efektif bagi pembelajaran mengidentifikasi jenis diksi yang mengungkap aspek makna yang terkandung dalam puisi. Hal ini terbukti dengan Hasil prates dengan rata-rata 10,677 dan hasil pasca tes dengan rata-rata 81,096 Perbedaan ini menunujukan selisih 81,096-10,677 = 70,419 sehingga menghasilkan peningkatan dari prates dan pasca tes sebesar 70,419. 4) Perbedaan dibuktikan Berdasarkan uji statistik, diketahui t hitung 16,61 ≥ t table, yaitu ≥ 1,697. Dalam tingkat kepercayaan 95%, taraf signifikan 05% dan derajat kebebasannya 30. Dapat simpulkan metode problem posing learning tepat digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi jenis diksi yang mengungkap aspek makna yang terkandung dalam puisi. Kata Kunci: Aspek Makna, Jenis Diksi, Mengidentifikasi, Metode Problem Posing Learning, Pembelajaran, Puisi,.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 15 Oct 2019 08:17 |
Last Modified: | 15 Oct 2019 08:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45960 |
Actions (login required)
View Item |