MUHAMAD RIFKI, 155030004 (2019) PEMBELAJARAN MENGANALISIS ISI DEBAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-END ANALYSIS PADA KELAS X SMK MITRA KARYA KABUPATEN BEKASI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN REAL.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (498kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) | Preview |
Abstract
Menganalisis adalah penyelidikan dalam memecahkan masalah pada proses pembelajaran. Peneliti tertarik melakukan penelitian mengenai “Pembelajaran menganalisis isi debat di Kelas X SMK Mitra Karya Kabupaten Bekasi” hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: 1) Peneliti mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis isi debat dalam forum diskusi dengan menggunakan model pembelajaran means-end analysis pada peserta didik kelas X SMK Mitra Karya Kabupaten Bekasi. Hal ini terbukti hasil berdasarkan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran menganalisis isi debat dengan menggunakan model means-end analysis dari guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Dalam perencanaan pembelajaran, peneliti mendapatkan nilai sebesar 3,62 dan dalam pelaksanaan pembelajaran peneliti mendapatkan nilai sebesar 3,62. 2) Peserta didik kelas X SMK Mitra Karya Kabupaten Bekasi mampu menganalisis isi debat. Hal ini dibuktikan dari selisih nilai rata-rata pretes sebesar 51,42 dan nilai postes sebesar 82,99. Selisih dari kedua nilai tersebut sebesar 31,57. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar pada peserta didik kelas X kontrol dan peserta didik kelas eksperimen. Perbedaan tersebut diperoleh dari hasil uji Paired Sample T Test rata-rata yang didapatkan dari nilai pretes dan postes kelas eksperimen yaitu rata-rata nilai pretes sebesar 51,42 dan postes sebesar 82,99. Sedangkan pada rata-rata kelas kontrol yaitu pada pretes sebesar 38,99 dan postes sebesar 71,32. 4) Model pembelajaran means-end analysis efektif dalam menganalisis isi debat sebagai kelas eksperimen dibandingkan model pembelajaran jigsaw sebagai kelas kontrol. Hal itu dikarenakan 0,5817 dan 0,431 lebih tinggi dari 0.05 (g <0.50). Kata kunci: Means-End Analysis, kebahasaan, menganalisis, pembelajaran, isi debat.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 14 Oct 2019 06:50 |
Last Modified: | 14 Oct 2019 06:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45893 |
Actions (login required)
View Item |