PEMBELAJARAN MENYIMPULKAN ISI TEKS PROSEDUR YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

YULIYANI NUTRIKASARI, 155030119 (2019) PEMBELAJARAN MENYIMPULKAN ISI TEKS PROSEDUR YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI(1).pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak indo.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak sunda.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (88MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (907kB)
[img] Text
BAB V(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA FIX YA ALLAH.pdf

Download (17kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menyimpulkan isi teks prosedur dalam penelitian ini menggunakan keterampilan menulis. Model pembelajaran kooperatif tipe round table adalah model yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir peserta didik dengan cara belajar yang menyenangkan. Dengan demikian, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pembelajaran menyimpulkan isi teks prosedur yang dibaca dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table. Adapun hasil penelitiannya yaitu, 1) peneliti mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,61. 2) Kenaikan hasil belajar peserta didik dalam menyimpulkan isi teks prosedur yang dibaca. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai hasil pretes peserta didik kelas eksperimen dengan rata-rata 41,13 dan postes sebesar 72,13. Selanjutnya hasil pretes peserta didik kelas kontrol memiliki rata -rata 43,5 dan postes sebesar 61,3. 3) Terdapat kenaikan pada hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table dan picture and picture. Hal tersebut dibuktikan pada uji wilcoxon signed rank, adapun hasil jumlah rangking kelas eksperimen sebesar 465,00 > 435.00. 4) Terdapat perbedaan keefektifan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut terbukti pada hitungan menggunakan Uji Mann-Whitney (Gain). Diperoleh hasil signifikansi 0,000< 0,05 yang artinya terdapat perbedaan kemampuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. 5) terdapat perbedaan keefektifan model pembelajaran untuk kelas eksperimen sebesar 62.1614 kategori cukup efektif. Sementara untuk nilai rata-rata N-gain score kelas kontrol sebesar 41.8356 kategori tidak efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe round table lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menyimpulkan isi teks prosedur yang dibaca. Kata Kunci: Menyimpulkan, Menulis, Isi, Teks Prosedur, Model Pembelajaran Kooperatf Tipe Round Table.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 11 Oct 2019 06:39
Last Modified: 11 Oct 2019 06:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45656

Actions (login required)

View Item View Item