PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN 033 Asmi Kota Bandung Tahun Ajaran 2019/2020)

Izma Izwara, 155060007 (2019) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN 033 Asmi Kota Bandung Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN LENGKAP.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstak Inggris.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak Sunda.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berisi tentang penerapan model Discovery Learning yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas V SDN 033 Asmi Kota Bandung pada subtema Manusia dan Lingkungan. Penelitian ini didasari oleh hasil belajar siswa yang relatif rendah, pelajaran yang disajikan oleh guru masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah, proses pembelajaran ini hanya berpusat pada guru tanpa melibatkan siswa sehingga kurang menarik minat dan motivasi siswa untuk belajar dan siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes, Observasi dan Dokumentasi. Berdasarkan pelaksanaan tindakan yang dilakukan sebanyak 3 siklus, secara keseluruhan telah menunjukkan adanya peningkatan dari data awal proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan sikap peduli dan santun serta hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari: pertama adanya peningkatan dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai 58%, siklus II 79%, dan siklus III 92%) kedua, adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran (siklus I 60%, siklus II 77%, dan siklus III 94%) ketiga, adanya peningkatan sikap peduli (siklus I 35,29%, siklus II 69,11%, dan siklus III 85,29%) keempat, adanya peningkatan sikap santun (siklus I 30,9%, siklus II 66,17%, dan siklus III 83,9%) kelima, adanya peningkatan keterampilan (siklus I 17,64%, siklus II 44,11%, siklus III 83,81%) keenam, adanya hasil belajar (siklus I 44,11%, siklus II 70,58%, siklus III 94,11%). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning sangat menunjang terhadap peningkatan sikap peduli dan santun serta hasil belajar siswa pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia subtema Manusia dan Lingkungan kelas V Sekolah Dasar. Dengan demikian, penggunaan model Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata Kunci : Discovery Learning, Minat, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 08 Oct 2019 07:01
Last Modified: 08 Oct 2019 07:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45473

Actions (login required)

View Item View Item