SONIA WIJAYANTI, 155060078 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN 027 Cicadas di Kecamatan Cibeunying Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (77kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (45kB) | Preview |
Abstract
Motivasi belajar merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh siswa demi keberhasilan belajarnya. Motivasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu penggunaan media pembelajaran, khususnya media audio visual. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 027 Cicadas (2) Berapa besar pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 027 Cicadas. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen menggunakan desain quasi eksperimen jenis nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 027 Cicadas, sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 50 siswa, 24 siswa kelas eksperimen dan 26 kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan angket. Analisis data dalam penelitian ini angket menggunakan uji regresi linear sederhana dan tes menggunakan uji N-Gain Score (%). Hasil penelitian uji regresi sederhana pada angket menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa berdasarkan hasil dari nilai uji t yaitu diperoleh nilai thitung 4,797 > ttabel 2,704, maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini diperkuat juga dengan hasil nilai rata-rata (Mean) N-Gain (%) yang diperoleh sebesar 62,1992% atau 62,0% artinya bahwa penggunaan media audio visual cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Penggunaan media audio visual memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa sebesar 51,1%, sedangkan 48,9% merupakan pengaruh dari variabel atau faktor lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Media Audio Visual
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 08 Oct 2019 01:18 |
Last Modified: | 08 Oct 2019 01:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45425 |
Actions (login required)
View Item |