Astri Suhartini Anggita Putri, 155060038 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Kelas III Tema 1 Pertumbuhan dan PerkembanganMakhlukHidupSub tema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan ManusiadiSDN 033 Asmi Kota Bandung Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (699kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BASA SUNDA.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (491kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) | Preview |
Abstract
Rendahnya keaktifan belajar menyebabkan siswa kurang antusias terhadap pembelajaran yang berlangsung. Dengan demikian penulis tertarik untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keaktifan belajar siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan siswa yang dikenai model pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian Kuasi Eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 033 Asmi Kota Bandung pada kelas III dengan populasi sebanyak 164 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan kelas III-E (kelas kontrol) sebanyak 32 siswa dan kelas III-D (kelas eksperimen) sebanyak 30 siswa. Bedasarkan uji homogenitas menggunakan hasil belajar setelah perlakuan terdapat varian data yang homogen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan keaktifan belajar antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achieve-ment Division (STAD) dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap keaktifan belajar siswa kelas III SDN 033 Asmi Kota Bandung tahun ajaran 2019/2020 berdasarkan hasil uji Independent Sample T Test didapat nilai nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,64 > 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, STAD, Keaktifan Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Oct 2019 03:15 |
Last Modified: | 04 Oct 2019 03:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45309 |
Actions (login required)
View Item |