SELAWATI, 155060086 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR ( Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas V SD Al-Munawwaroh ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
HARD COVER.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (258kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (38kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa melalui model pembelajaran Examples Non Example pada Tema 2 Udara Bersih Bagi Pernapasan Subtema 2 Udara bersih bagi kesehatan Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Al-Munawwaroh. Penelitian ini di latar belakangi karena media pembelajaran yang digunakan oleh guru serta metode pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa dimana 56 % dari 48 peserta didik maih belum mencapai KKM. Maka dari itu penggunaan model pembelajaran Examples Non Examples dapat menjadikan siswa aktif, berpikir krtis, sistematis, dan mandiri sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Examples Non Examples terhadap Hasil Belajar siswa di Kelas V SD Al-Munawwaroh.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan data melalui Observasi, tes dan dokumentasi. Tes yang digunakan berupa pretest dan posttest untuk mengambil data hasil belajar. Sample yang digunakan yaitu kelas VA yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Examples Non Examples dan kelas VB yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran Konvensional. Teknik pengolahan data yang dilakukan menggunakan Uji Normalitas, Linearitas, dan Regresi Linear Sederhana. Hasil data dalam penelitian ini terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk kelas eksperimen nilai signifikansi melalui Uji Regresi Linear Sederhana di dapat T hitung > T tabel yaitu 3,173 > T tabel 2,160 Sedangkan untuk kelas kontrol didapat hasil signifikansi T tabel 1,868 < T hitung 2,160. maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Examples Non Examples berpengaruh terhadap Hasil Belajar siswa. Dikarenakan meodel pembelajaran berbeda maka terdapat perbedaan untuk hasil penilaian sikap dan keterampilan kelas kontrol dan eksperimen Kata Kunci : Examples Non Examples, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Oct 2019 02:27 |
Last Modified: | 04 Oct 2019 07:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45303 |
Actions (login required)
View Item |