PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR ( Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas V SD Al-Munawwaroh )

SELAWATI, 155060086 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR ( Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas V SD Al-Munawwaroh ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
HARD COVER.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (38kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa melalui model pembelajaran Examples Non Example pada Tema 2 Udara Bersih Bagi Pernapasan Subtema 2 Udara bersih bagi kesehatan Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Al-Munawwaroh. Penelitian ini di latar belakangi karena media pembelajaran yang digunakan oleh guru serta metode pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa dimana 56 % dari 48 peserta didik maih belum mencapai KKM. Maka dari itu penggunaan model pembelajaran Examples Non Examples dapat menjadikan siswa aktif, berpikir krtis, sistematis, dan mandiri sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Examples Non Examples terhadap Hasil Belajar siswa di Kelas V SD Al-Munawwaroh.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan data melalui Observasi, tes dan dokumentasi. Tes yang digunakan berupa pretest dan posttest untuk mengambil data hasil belajar. Sample yang digunakan yaitu kelas VA yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Examples Non Examples dan kelas VB yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran Konvensional. Teknik pengolahan data yang dilakukan menggunakan Uji Normalitas, Linearitas, dan Regresi Linear Sederhana. Hasil data dalam penelitian ini terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk kelas eksperimen nilai signifikansi melalui Uji Regresi Linear Sederhana di dapat T hitung > T tabel yaitu 3,173 > T tabel 2,160 Sedangkan untuk kelas kontrol didapat hasil signifikansi T tabel 1,868 < T hitung 2,160. maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Examples Non Examples berpengaruh terhadap Hasil Belajar siswa. Dikarenakan meodel pembelajaran berbeda maka terdapat perbedaan untuk hasil penilaian sikap dan keterampilan kelas kontrol dan eksperimen Kata Kunci : Examples Non Examples, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Oct 2019 02:27
Last Modified: 04 Oct 2019 07:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45303

Actions (login required)

View Item View Item