Alika Puspa Kemala, 155020063 (2019) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kasus pada siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Pasundan 3 Cimahi tahun akademik 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABTRACT.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
6. RINGKESAN.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB I.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB II.pdf Download (241kB) | Preview |
|
Text
15. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (747kB) |
||
Text
17. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana lingkungan sekolah di SMA Pasundan 3 Cimahi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa XI MIPA 1 tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey populasi siswa di klas XI MIPA 1 SMA Pasundan 3 Cimahi tahun ajaran 2018/2019 dengan julah 31 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana melalui perhitungan rata-rata skor dengan bantuan program IBM SPSS Statistics Version 25.0. for Windows. Hasil penelitian menunjukkan rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai lingkungan sekolah sebesar 78,56 dengan persentase (71,66%). dan berpikir kreatif siswa mencapai 3,38 dengan persentase (67,76%) . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap lingkungan sekolah “setuju”. Berpikir kreatif “setuju”. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian pengaruh lingkungan sekolah berdasarkan perhitungan koefisien determinasi dengan nilai R Square sebesar sebesar 0,268. Hal ini dapat dideskripsikan bahwa variabel X mempunyai pengaruh sebesar 26,8% terhadap variabel Y dan sisanya 73.2% dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor yang memberikan pengaruh kepada variabel Y sebanyak 26,8% disebabkan oleh variabel X berupa berpikir kreatif. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait yakni: (1) Bagi siswa, diharapkan bisa ditingkatkan terus cara berpikir kreatif, khususnya pada mata pelajaran ekonomi; (2) Bagi guru, diharapkan untuk tterus mencari inovasi cara mengajar yang bisa membuat siswa menjadi lebih kreatif, khususnya pada mata pelajaran ekonomi; (3) Bagi sekolah, untuk lebih ditingkatkan lagi fasilitas disekolah, agar siswa menjadi lebih semangat belajar, dan mengingatkan terus guru maupun siswa agar untuk meningkatkan kreativitas; (4) Bagi peneliti selanjutnya, melakukan penelitian serupa dengan faktor lain dan maupun topik pembahasan yang berbeda agar diperoleh berbagai alternatif untuk peningkatan hasil dari lingkungan sekolah terhdap berikir kreatif siswa khususnya pada mata pelajaran ekonomi. Kata Kunci : Lingkungan Sekolah dan Berpikir Kreatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 01 Oct 2019 08:30 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 02:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44982 |
Actions (login required)
View Item |