PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP BERFIKIR KRISTIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IIS SMA NUGRAHA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Tiktik Siti Jenab, 155020036 (2019) PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP BERFIKIR KRISTIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IIS SMA NUGRAHA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK indo.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT inggris.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari peneltian ini adalah untuk mengetahui: (i) bagaimana kreativitas guru dalam mengajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMA Nugraha. (ii) bagaimana berfikir kritis siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Nugraha Bandung. (iii) apakah terdapat pengaruh kreativitas guru dalam proses pembelajaran terhadap berfikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Nugraha Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif (survey) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 63 orang siswa kelas XI IPS SMA Nugraha Bandung. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Untuk mencari pengaruh, analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana melalui perhtingan rata-rata skor dengan bantuan SPSS statistic version 25.0 adapun hasilnya sebagai berikut: (i) bagaimana kreativitas guru dalam mengajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMA Nugraha menunjukan hasil yang baik, hal ini berdasarkan hasil olah data yang menunjukan skor rata-rata 4,83 atau 83% ada pada katagori sangat setuju/sangat kuat (ii) bagaimana berfikir kritis siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Nugraha Bandung menunjukan hasil yang baik, hal ini berdasarkan hasil olah data yang menunjukan skor rata-rata 3,87 atau 77% ada pada katagori sangat kuat (iii) apakah terdapat pengaruh kreativitas guru dalam proses pembelajaran terhadap berfikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Nugraha Bandung menunjukan adanya pengaruh kreativitas guru dalam proses pembelajaran terhadap berfikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Nugraha Bandung. Besarnya kontribusi yang diberikan oleh variabel kreativitas guru bisa dilihat dari angka pada R Square yaitu sebesar 0,292, yang memiliki arti bahwa kreativitas guru berpengaruh terhadap berfikir kritis siswa sebesar 29,2%. Dengan kata lain kreativitas guru “cukup” berpengaruh terhadap berfikir kritis siswa. Sementara 70,8% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian yang dilakukan. Penulis menyarankan keapada pihak-pihak terkait yakni : (i) bagi sekolah Dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa banyak yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah, dan melihat dari hasil penelitian yang telah dilakukan dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa di SMA Nugraha Bandung pihak sekolah diharapkan mampu mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran yaitu dengan memperhatikan kreativitas guru yang dapat membangun dan menunjang fasilitas-fasilitas yang membantu dalam peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa. (ii)Bagi Guru diharapkan mampu menjadi peran yang kreatif karna semakin guru kreatif semakin meningkat kemampuan berfikir kritis siswa. (iii) Bagi peneliti lain diharapkan dapat memberikan wawasan yang baru bagi pengembangan ilmu pendidikan. Kata Kunci : Kreativitas Guru, Berfikir Kritis siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Sep 2019 04:09
Last Modified: 27 Sep 2019 04:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44545

Actions (login required)

View Item View Item