KERJA SAMA BNN (BADAN NARKOTIKA NASIONAL) INDONESIA – NNCC (NATIONAL NARCOTICS CONTROL COMMISSIONS) CHINA DALAM PEMBERANTASAN KEJAHATAN NARKOTIKA DI INDONESIA

Rizky Eka Rusdiansyah, 152030229 (2019) KERJA SAMA BNN (BADAN NARKOTIKA NASIONAL) INDONESIA – NNCC (NATIONAL NARCOTICS CONTROL COMMISSIONS) CHINA DALAM PEMBERANTASAN KEJAHATAN NARKOTIKA DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
4. Lembar Pengesahan.docx

Download (118kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (32kB)
[img] Text
5. COVER.docx

Download (64kB)
[img] Text
1. BAB 1.docx

Download (45kB)
[img] Text
3. ABSTRAK 3 BAHASA.docx

Download (31kB)
[img] Text
2. BAB II.docx

Download (76kB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara di Asia khusnya kawasan ASEAN yang menjadi jalur dan pusat kegiatan dari transnational organized crime melibatkan organisasi kejahatan internasional. Narkotika merupakan permasalahan nasional dimana hampir penggunaan narkotika merata dari kalangan muda-mudi hingga lanjut usia, perempuan dan laki-laki. Permasalahan narkotika tentunya melibatkan negara lain karna masuk ke Indonesia melalui beberapa jalur di antaranya jalur laut, udara dan darat. Pengiriman narkotika dari beberapa negara sangatlah menguntungkan bagi pengedar sehingga merugikan bagi negara yang di tetapkan oleh undang-undang. Indonesia darurat Narkoba karna banyaknya pengedar narkoba dari negara tirai bambu, Kabag Humas BNN kombes Slamet Pribadi mengatakan bahwa China menjadi pemasok terbesar Narkoba ke Indonesia. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengeksplorasi dan mendeskripsikan kerja sama bilateral yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dan China dalam menangani peredaran Narkoba di Indonesia memalui kerjasama pada tanggal 23 maret 2012 dan perpanjangan kerjasama 24 oktober 2017 dan seberapa effektif dalam kerja sama Indonesia dan China. Penelitian ini diharapkan dapat berguna untuk menambah pengembangan ilmu hubungan internasional. Selanjutnya secara praktis, penelitian ini diharapkan dapat berguna dan bermanfaat bagi para pembuat keputusan, terutama pemerintah pusat dan Badan Narkotika Nasional dalam menyikapi peredaran serta perdagangan narkotika yang terjadi di Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah dengan adanya kerja sama kedua negara yang dilakukan selama lima tahun sekali antara BNN Indonesia dan NNCC China di harapakan dapat mengurangi peredaran narkotika di Indonesia dengan indikator penangkapan yang dilakukan oleh BNN dan Polri. Kerja sama kedua lembaga merupakan tindakan yang efektif untuk peredaran narkotika di Indonesia agar mengurangi peredaran narkotika secara besar oleh sindikat jaringan narkotika dari China. Akan tetapi peredaran narkotika masih adanya pasang surut pertahunnya. Kerja sama Indonesia dan China dinilai sangat penting karna informasi akan terus di berikan oleh kedua negara sehingga dalam kerja sama tidak ada yang di rugikan justru kedua negara saling mendapatkan keuntungan karna informasi akan terus terkoneksi antara kedua negara. Meskipun berbagai upaya pencegahan telah dilakukan dalam pemberantasan narkotika oleh kedua negara dengan melibatkan berbagai pihak, namum masih adanya kendala – kendala yang menjadi penghalang dalam kerja sama antara kedua negara. Kerja sama akan di katakana effektif bila BNN dan NNCC memaksimalkan proses kerja sama dan membuat pertemuan pertahun. Kata Kunci : Kerja sama Bilateral, Perdagangan narkotika, effektifitas, sindikat narkotika.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 26 Sep 2019 05:24
Last Modified: 26 Sep 2019 05:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44501

Actions (login required)

View Item View Item