PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING(CPS) BERBANTUAN GEOGEBRA

ESA SURI RATNASUMINAR, 155050022 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING(CPS) BERBANTUAN GEOGEBRA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRACT.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB III.pdf

Download (960kB) | Preview
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa SMA relatif masih rendah. Salah satu model yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa SMA adalah model Creative Problem Solving berbantuan Geogebra. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) mengetahui apakah kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan Geogebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) mengetahui apakah terdapat korelasi (positif) antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan Geogebra. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Soreang. Adapun sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas secara acak yaitu kelas X MIPA 7 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan Geogebradan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan skala kemandirian belajar. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-Test(uji-t) melalui software IBM SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan Geogebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) terdapat korelasi (positif) antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan Geogebra. Kata kunci: Creative Problem Solving berbantuan Geogebra, kemampuan pemahaman konsep matematis, kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 26 Sep 2019 02:37
Last Modified: 26 Sep 2019 02:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44480

Actions (login required)

View Item View Item