PENERAPAN E-MODULE BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA

PEGGY MELINDA, 155040030 (2019) PENERAPAN E-MODULE BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.1 Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.1 Lembar Pengesahan.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 ABSTRACT Inggris.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 RINGKESAN.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB II fix (1).pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 BAB III.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text
11 BAB IV fix-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
12 BAB V (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kreatif siswa dapat ditingkatkan dalam menggunakan penerapan e-module berbasis creative problem solving (CPS), bentuk dari e-module nya adalah blog. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, dimana pada penelitian jenis ini penelti tidak memiliki keluasaan untuk memanipulasi subjek, penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas ekperimen yang diberi perlakuan menggunakan e-module, dan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan yang sama. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pretest dan posttest adapun instrumen pendukung dalam penelitian ini menggunakan angket respon siswa, lembar aktivitas guru dan siswa. Data analisis dengan menggunakan SPSS hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan e-module berbasis creative problem solving secara signifikan efektif meningkatkan pemahaman berpikir kreatif pada siswa kelas MIPA 4 SMA 2 Pasundan Bandung dalam mempelajari materi jaringan tumbuhan dengan capaian skor rata-rata (Gain) sebesar 0,65 dengan kategori tinggi. Respon siswa terhadap pembelajaran yang diisi oleh 24 orang diperoleh hasil data dengan capaian skor rata -rata 74% sehingga termasuk pada kategori baik, hal tersebut membuktikan bahwa siswa merespon baik pembelajaran yang telah diberikan. Dengan demikian penerapan e-module berbasis creative porblem solving dapat meningkatkan pemahaman berpikir kreatif pada siswa Kata Kunci : E-module berbasis Creative problem solving, pemahaman berpikir kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:51
Last Modified: 17 Sep 2019 07:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43649

Actions (login required)

View Item View Item