PEGGY MELINDA, 155040030 (2019) PENERAPAN E-MODULE BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1.1 Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2.1 Lembar Pengesahan.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
5 ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
6 ABSTRACT Inggris.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
7 RINGKESAN.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
9 BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
9 BAB II fix (1).pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
10 BAB III.pdf Download (599kB) | Preview |
|
Text
11 BAB IV fix-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
||
Text
12 BAB V (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
|
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kreatif siswa dapat ditingkatkan dalam menggunakan penerapan e-module berbasis creative problem solving (CPS), bentuk dari e-module nya adalah blog. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, dimana pada penelitian jenis ini penelti tidak memiliki keluasaan untuk memanipulasi subjek, penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas ekperimen yang diberi perlakuan menggunakan e-module, dan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan yang sama. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pretest dan posttest adapun instrumen pendukung dalam penelitian ini menggunakan angket respon siswa, lembar aktivitas guru dan siswa. Data analisis dengan menggunakan SPSS hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan e-module berbasis creative problem solving secara signifikan efektif meningkatkan pemahaman berpikir kreatif pada siswa kelas MIPA 4 SMA 2 Pasundan Bandung dalam mempelajari materi jaringan tumbuhan dengan capaian skor rata-rata (Gain) sebesar 0,65 dengan kategori tinggi. Respon siswa terhadap pembelajaran yang diisi oleh 24 orang diperoleh hasil data dengan capaian skor rata -rata 74% sehingga termasuk pada kategori baik, hal tersebut membuktikan bahwa siswa merespon baik pembelajaran yang telah diberikan. Dengan demikian penerapan e-module berbasis creative porblem solving dapat meningkatkan pemahaman berpikir kreatif pada siswa Kata Kunci : E-module berbasis Creative problem solving, pemahaman berpikir kreatif
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 07:51 |
Last Modified: | 17 Sep 2019 07:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43649 |
Actions (login required)
View Item |