VIVIT DEVYASARI UTAMI, 155040008 (2019) PENGGUNAAN MEDIA HERBARIUM DAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI...pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT ENGLISH.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (745kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (576kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (292kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada konsep materi Klasifikasi Makhluk Hidup menggunakan media Herbarium dan media gambar di SMP Negeri 1 Tirtamulya. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.A dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental dengan desain One - Group Pretest - Posttest Design. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada ranah kognitif,afektif dan psikomotor, instrument berupa soal pilihan ganda berjumlah 30 soal untuk mengukur ranah kognitif siswa. Hasil penelitian pada aspek kognitif didapatkan skor rata-rata Pre-test 40,5 sebesar dan Posstest 70,52. Aspek afektif 84 dan aspek psikomotor 79,5. Analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas, uji Homogenitas, Uji T dan Normalitas-Gain. Hasil penilaian pada hasil belajar yaitu dengan N -Gain sebesar 0,52 dengan kriteria sedang. Hasil uji hipotesis dengan sig. sebesar 0,00<0,05 sehingga terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan pada hasil pre-test dan posttest . Dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini terdapat pengaruh penggunaan media Herbarium dan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Media, Herbarium, Gambar, Klasifikasi Makhluk Hidup
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Sep 2019 06:52 |
Last Modified: | 16 Sep 2019 06:52 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43557 |
Actions (login required)
View Item |